Tanya Dokter

  • bercak putih di perut yang semakin menyebar

  • Pagi dok, saya mau tanya di perut saya ini ada seperti bercak putih yg awalnya di duga kehilangan sel pigmen, awalnya kecil tapi lama lama semakin menyebar banyak. Kira-kira apa tindakan yang harus saya lakukan untuk megembalikan warna kulit saya? apakah ada obat untuk menyembuhkannya? terima kasih dok ... mohon bantuannya.

    Benedecta Soegiyarta  Tim Alodokter
    Dokter

    Siang Benedecta, terima kasih atas pertanyaannya. 

     

    Bercak putih di tubuh bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, yaitu:

    1. Tinea versikolor atau panu disebabkan oleh infeksi jamur. Selain bercak putih, keluhan juga bisa berupa bercak kehitaman atau kemerahan. Bercak tersebut dapat meluas seiring dengan semakin luasnya infeksi jamur. Pada area bercak juga sering disertai dengan rasa gatal dan bersisik. 

    2. Ptyriasis Alba merupakan gangguan pada kulit yang sering dikaitkan dengan eksim. Mula-mula muncul bercak berwarna kemerahan yang akan memudar dan meninggalkan area pucat. Bercak tersebut juga bisa disertai rasa gatal dan bersisik. 

    3. Vitiligo merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan hilangnya pigmen alami kulit (melanin). Area tubuh yang mengalami vitiligo bisa lokal (di salah satu lokasi tubuh) atau menyeluruh (mengenai kedua sisi tubuh). Penyebabnya bisa karena faktor keturunan, adanya kondisi autoimun, terkena bahan kimia atau pajanan sinar matahari yang ekstrim. 

    4. Kusta atau lepra merupakan infeksi bakteri yang menyebabkan gangguan beberapa sistem tubuh seperti kulit yang ditandai dengan adanya area pucat, sistem saraf (mati rasa di area bercak, kelumpuhan), pelebaran pembuluh darah, kerusakan pada mata, dan perubahan bentuk wajah. 

    Bercak putih yang anda rasakan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada area tersebut untuk memastikan penyakitnya. Oleh karena itu saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri Anda ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara visual di lokasi bercak, kemudian juga akan melakukan pemeriksaan sensitifitas saraf bila dicurigai kusta. Kemudian Anda akan diberikan pengobatan medis yang sesuai dengan kondisi Anda. 

    Adapun hal yang dapat Anda lakukan di Rumah adalah sebagai berikut:

    1. Hindari terkena sinar matahari secara langsung ke kulit, gunakan sunblock saat beraktivitas di luar ruangan. 

    2. Jaga kebersihan tubuh Anda dengan mandi minimal dua kali sehari dan segera ganti pakaian jika sudah kotor dan berkeringat, hindari penggunaan pakaian secara berulang tanpa dicuci terlebih dahulu. 

    3. Jika bercak putih tersebut gatal, hindari menggaruk area tersebut karena dapat menyebabkan iritasi. 

    4. Sebaiknya jangan menggunakan krim lain selain lotion yang biasa Anda pakai atau sunblock hingga Dokter memeriksa kondisi Anda dan mengizinkan Anda untuk menggunakannya. 

    Semoga bermanfaat.