Tanya Dokter

  • Perawatan pasca operasi akalasia

  •  Dewi Fajarina
    Anggota
    Slmt sore dok, pd tgl 7 Sept 2017 sy menjalani operasi Achalasia, awalnya mau tindakan balooning, tp dokter blg blm berhasil, kemudian ada tindakan bedah, pelebaran di esofagus, alhamdulillah dinyatakan berhasil, dan sy boleh pulang. Seminggu yg lalu, sy drop, dan menjalani rawat inap, dan dirontgen. Hasil rontgennya trnyta masih ada Achalasianya, dan sy jg msh merasakan susah buat menelan makanan dan minuman. Yg ingin sya tanyakan, apakah Achalasia hanya bisa disembuhkan melalui operasi, dan apakah setelah operasi bisa muncul lagi. Berat badan saya jd turun, krn untuk makan dan minum kdg merasa kesulitan utk menelan. Mohon penjelasannya, terimakasih banyak atas penjelasnnya...

    Halo Dewi,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan (esofagus) kehilangan kemampuan untuk mendorong makanan dari mulut ke perut.

     

    Tujuan dari pengobatan untuk penderita akalasia adalah untuk membuka otot LES, sehingga makanan dan minuman bisa masuk ke perut. Beberapa jenis penanganan bagi penderita akalasia adalah:

    ·         Pelebaran kerongkongan, terutama di bagian yang mengalami penyempitan dengan menggunakan bantuan balon. Tindakan ini didahului oleh pembiusan total dan harus diulang beberapa kali lagi setelah setahun lebih.

    ·         Obat-obatan. Otot LES bisa mengendur sementara dengan cara mengonsumsi obat-obatan. Dokter biasanya akan meresepkan obat seperti nitrate atau nifedipine.

    ·         Pembedahan. Kerongkongan akan diakses melalui perut atau dada, kemudian serat-serat otot LES yang menegang akan dipisahkan. Umumnya keefektifan terapi dengan cara ini bersifat permanen.

    ·         Injeksi Botox (Botulinum toxin). Dokter akan menyuntikkan botox ke otot LES, sebab botox bisa menyebabkan serat-serat otot mengendur. Biasanya hanya efektif untuk beberapa bulan.

     

    Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada kerongkongan usai menjalani tindakan pelebaran atau pembedahan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan:

    ·         Perbanyak minum cairan saat makan.

    ·         Selalu makan dengan posisi duduk tegak.

    ·         Jangan terburu-buru dan kunyah makanan dengan baik sebelum ditelan.

    ·         Gunakan beberapa bantal untuk menyanggah kepala, untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan nyeri di ulu hati.

    Demikian informasi dari saya, semogabermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar