Tanya Dokter

  • Penanganan rhinitis alergi

  • Assalamualaikum, selamat siang dok.. Saya mau nanya, sejak saya masih kecil saya sering bersin-bersin karena terkontaminasi dengan debu yang kemudian berkembang menjadi pilek yang berkepanjangan kira-kira hampir seminggu lebih. Setiap bulannya pasti sering seperti ini dan itu sangat mengganggu aktivitas saya. Awalnya saya tak heran, saya pikir ini pengaruh saya sakit amandel karena saya juga di diagnosa terkena sakit amandel bahkan disarankan untuk melakukan operasi. Ternyata setelah saya cari tau di internet, dari gejala-gejala yang saya rasakan bukan karena amandel. Tetapi, saya terkena rinitis alergi yang disebabkan oleh debu. Ditambah lagi, saya riwayat sakit asma dan dikarenakan faktor keturunan dari ayah saya. Akhir-akhir ini saya memang sering minum es dan gorengan, sehari kemudian tenggorokan saya terasa gatal selama 2 hari. Dua hari setelah itu, hidung saya menjadi berair & tersumbat, kepala pusing, mual, lemas, demam, batuk berdahak. Telinga saya kadang sakit akibat membersihkan ingus pada hidung. Sebelumnya saya sama sekali belum pernah memeriksakan diri karena rinusitis ini, akan tetapi rinitis ini sering menyerang saya setiap bulannya sejak saya masih SMP, sekarang saya sdh lulus SMA dan akan masuk kuliah. Gejala ini sdh saya rasakan selama 5 hari, apakah ini cukup serius dan harus ditangani oleh dokter THT?

    Halo Ruli, terima kasih atas pertanyaannya. Saluran napas kita dimulai dari hidung hingga paru-paru. Seluruh sel permukaan dinding saluran pernapasan ini dapat menghasilkan lendir. Lendir ini berfungsi untuk melemababkan dan menghangatkan udara yang masuk ke paru-paru serta mencegah debu dan kuman masuk ke dalam paru-paru. Pada kondisi tertentu seperti saat batuk pilek, produksi lendir akan meningkat. Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan banyaknya lendir :

    Terkadang, apabila Anda sedang mengalami infeksi saluran napas seperti batuk pilek tenggorokan atau amandel bisa terserang atau terinfeksi juga. Sehingga seringkali keluhan akan muncul meliputi keluhan daerah tenggorokan dan hidung. Telinga juga terhubung langsung ke tenggorokan sehingga infeksi yang berada di tenggorokan  bisa menyebar ke telinga atau sebaliknya.

    Anda dapat berkonsultasi pada dokter spesialis THT terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah penyebab dari keluhan yang Anda alami.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa