Tanya Dokter

  • Penanganan sakit kepala, kelumpuhan tidur, dan mudah lupa

  •  Dee Kamal
    Anggota

    beberapa pekan ini saya sering sakit kepala diwaktu malam hari. waktunya tidak bsa diprediksi tp sering trjadi tengah malam atau waktu akn sholat malam. sakit kepala seperti tegang seluruh bagian kepala dok. saya fikir mungkin efek dr kurang tidur krena saya trmsuk yg sulit tdur malam. pola makan saya jg kurg teratur. kejadian sprti ini jg prnah trjdi tahun lalu. tapi waktunya siang hari namun berkpanjangn smpai malam. tpi skrg sya sdkit mrsa trganggu dengan kemampuan mengingt sya dok. sya mudh skali lupa. nama org bhkan nama teman sndri. brkalir lpa mengambil kunci motor. ataupun lupa dgn apa yang akan d lakukan. selain itu sya sering menglami sleep paralyzed. bahkan dalam stu waktu bsa trjdi 2-3 kali kjdian.

    jd dokter. skit kepala yg sya alami ini sbaiknya ditangani sprti apa? lalu bagaimana cara mengatasi sleep paralyzed dan mudah lupa saya?

    terimaksih dokter. maaf pertanyaannya panjang.

    Dee Kamal  Dee Kamal
    Anggota

    ohya dokter saat ini usia saya 20 tahun.

    Halo, Sakit kepala dapat dicetuskan oleh beberapa hal di bawah ini :

    • Kelelahan
    • Stres
    • Dehidrasi
    • Telat makan
    • Gangguan pada mata/hidung/telinga/gigi
    • Dll
    Sedangkan sleep paralyzed dapat dicetuskan oleh :
    • Kualitas tidur tidak baik
    • Stres
    • Tidur dengan posisi telentang
    • Stres
    • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
    • Dll
    Mungkin saja sakit kepala, sleep paralyzed dan mudah lupa disebabkan karena faktor pencetus yang sama yaitu adanya gangguan tidur yang Anda alami atau disebabkan karena faktor pencetus yang lain seperti gangguan cemas, depresi, atau stres. Sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dengan psikiater mengenai keluhan yang Anda alami saat ini. Dokter akan membantu Anda mencari tahu apakah penyebab gangguan tidur yang anda alami saat ini. Bila diperlukan dokter juga akan memberikan obat minum untuk membantu Anda mengatasi hal tersebut. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan :
    • Berhenti merokok
    • Menghindari alkohol dan kafein
    • Berolahraga secara teratur
    • Tidur dengan ruangan yang gelap
    • Jangan menyetel televisi saat menjelang tidur
    • Melakukan relaksasi
    • Meminum coklat hangat sebelum tidur
    Silahkan baca artikel berikut tentang sleep paralyzed dan simak diskusinya tentang sleep paralysis atau tindihan Semoga membantu, dr. Tri