Tanya Dokter

  • penanganan sakit leher akibat benturan di kepala bagian belakang

  • Selamat malam dok, saya fery usia 24 tahun, ingin konsultasi, saya kemarin (sabtu) jatuh terbentur saat sedang bermain bola, yang terbentur adalah otak bagian belakang, dan setelah terbentur saya mengalami blackspot (gelap semua) kurang lebih 1 menit namun tidak muntah dan masih bisa mendengar orang-orang memanggil nama saya, setelah itu baik-baik lagi, namun setelah saya istirahat dan minum air putih saya merasa leher saya ada yang janggal karena tidak bisa menengok dan terasa nyeri sekali, setelah itu malamnya saya langsung ke tukang urut dan diurut. Namun tetap sama, dan tadi pagi saya kembali ke tukang urut dan diurut pelan, dan kata tukang urutnya syaraf saya ada yang terganggu, setelah diurut saya merasa agak baikan, namun sekarang kalau saya bangun dari tiduran atau duduk untuk berdiri, kepala saya pusing sekali, dan bahu saya juga terasa ngilu. apakah berbahaya atau tidak ya dok sakit yang saya rasakan ini? dan kira-kira cara apa yang harus saya ambil agar cepat sembuh? terima kasih.

    Halo,   Penanganan trauma pada kepala dan leher memerlukan pemeriksaan secara seksama. Bagaimana posisi kepala saat jatuh? Adakah wiplash injury pada leher akibat jatuh ? Semuanya ini memerlukan pemeriksaan secara seksama dan beberapa tes medis yang diperlukan seperti X-Ray leher, CT SCAN dll. Benturan pada kepala dan leher bisa menyebabkan :

    1. Gegar otak dari ringan sampai berat.
    2. Memar pada kepala
    3. Perdarahan pada otak
    4. Bergesernya tulang leher yang bisa menyebabkan terjepitnya saraf pada leher
    5. Kekakuan otot akibat trauma.
    6. Vertigo = pusing berputar akibat trauma
    7. Gangguan penglihatan akibat trauma
    8. dll
    Pertolongan pertama pada kejadian Anda seharusnya dengan menstabilkan posisi kepala dan leher dengan penyangga leher sampai dipastikan bahwa kondisi leher Anda baik baik saja. Saran terbaik kami adalah memeriksakan diri ke dokter saraf terdekat di kota Anda, dokter akan memeriksa kondisi Anda secara seksama dan menyeluruh dan melakukan beberapa tes medis seperti CT SCAN dan MRI jika perlu. Penanganan akan ditentukan dari hasil pemeriksaan yang didapatkan. Lakukan kompres hangat pada daerah leher Anda, hindari memijit leher dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk mengurangi nyeri Anda. Jika gejala memburuk atau disertai dengan penurunan kesadaran, gangguan penglihatan, pusing yang tidak bisa ditangani dengan obat dan muntah yang banyak maka segera hubungi dokter terdekat. Semoga membantu.   dr. Yusi