Tanya Dokter

  • Penanganan setelah operasi hernia

  •  Rendy Winata
    Anggota
    selamat siang dok,saya rendy umur 23 tahun saya mau bertanya ,sekitar 1 bulan yang lalu saya habis menjalani operasi hernia ,dan telah di pasang mesh-graph juga agar kuat oleh dokter bedah . yang saya mau tanyakan ,apabila saya mau mengecek kembali atau sekedar mau tahu apakah hernia saya sudah sembuh total(kuat) kira2 ke dokter mana dan apa yang harus saya lakukan?harus di ronsen kah? terima kasih..

    Halo Rendy.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, pada operasi hernia tanpa komplikasi, biasanya seseorang sudah dapat pulih dan kembali beraktifitas seperti biasa seperti berjalan, berlari pelan, mengendarai kendaraan, dan lain sebagainya, sekitar kurang lebih dua minggu setelah operasi.

    Sebenarnya pasien sendirilah yang dapat merasakan apakah dirinya sudah sembuh atau tidak, misalnya apakah bila terasa nyeri aktivitas yang telah disebutkan di atas, Maka sebaiknya tidak melakukannya terlebih dahulu, dan hal ini kemungkinan proses penyembuhan masih berjalan.

    Perlu diketahui, sebaiknya Anda menghindari aktivitas berat seperti mengangkat beban, berolahraga yang berat, dan lain sebagainya, selama kurang lebih enam minggu pasca operasi.

    Jika Anda ingin mengetahui kondisi kesehatan anda paska operasi yang telah Anda lakukan, maka Anda dapat mengunjungi kembali dokter yang telah menangani Anda, dan mendiskusikan masalah ini, agar anda dapat melakukan rangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HERNIA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati