Tanya Dokter

  • Benjolan di belakang leher yang disertai dengan gejala demam

  •  Rio1006
    Anggota

    Dok, saya mau nanya nih. Ada benjolan diblakang leher saya skitar 6 biji. Waktu ada benjolan itu ada juga bintik2 merah di tangan, badan saya dok. Dan saya demam, susah menelan, sakit kepala, meriang, hidung tersumbat. Dan stelah timbul benjolan di lher saya, tiap pagi stlah bngun tdur jari2 saya sakit kaya pegal gtu, trus di telapak kaki saya jga skit. Itu kira kira penyakit apa dok? Skrg benjolan itu mulai kempes stlah mnum antibiotik dan air kelapa muda, tp demam saya ga hilang2 dok. Itu pnyakit sjenis campak dok ?

    Hai, Benjolan di belakang leher yang disertai dengan gejala demam meriang dan gejala lainnya kemungkinan menandakan pembengkakan kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening merupakan salah satu komponen daya tahan tubuh kita yang berfungsi sebagai markas bagi sel darah putih. Sel darah putih senantiasa mengitari tubuh melalui pembuluh darah dan getah bening, guna mencari dan memangsa kuman/virus yang masuk ke dalam tubuh. Apabila ada serangan kuman/virus (infeksi), kelenjar getah bening bisa membesar sebagai respons balasan. Adapun hal-hal yang bisa menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening ini adalah berbagai macam infeksi, antara lain:

    Anda sebaiknya memeriksakan diri terlebih dahulu ke Dokter sebelum minum obat, terutama antibiotik. Pemakaian antibiotik tanpa pengawasan Dokter bisa menyebabkan kuman menjadi kebal dan sulit diobati. Saat ini, Anda juga mungkin memerlukan pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan darah dan biopsi (operasi kecil untuk mengamil sebagian kecil/seluruh benjolan guna diperiksa ke laboratorium). Berikut tips untuk Anda:
    • Minum obat pereda panas seperti parasetamol
    • Kompres hangat di sela-sela tubuh seperti leher, ketiak dan selangkangan guna memacu pengeluaran panas tubuh
    • Istirahat cukup setiap harinya, hindari bergadang
    • Perbanyak asupan buah dan sayuran
    • Biasakan etiket batuk/bersin yang baik, yaitu menutup hidung hingga mulut dengan kain/tissue guna mencegah penularan penyakit saluran napas
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma