Tanya Dokter

  • Pencegahan penularan penyakit rubella

  •  Run-Die
    Anggota

    selamat malam dok, setelah pemeriksaan ke dokter kemarin, saya positif terkena virus rubella, usia saya 26 tahun ( pria ). saya mempunyai istri dan anak berusia 6 bulan ? apakah istri dan anak saya bisa terjangkit virus ini ? soalnya pada saat pemeriksaan kemarin, dokternya tidak memberi tahu saya untuk menghindari kontak langsung dengan anak dan istri saya, beliau hanya memberi resep.
    sedangkan saya sudah melakukan kontak dengan istri dan anak saya

    Run-Die  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Run-Die,

    Rubella atau campak jerman adalah penyakit akibat infeksi virus rubella. Penyakit ini ditularkan melalui droplet (percikan liur atau cairan pada saluran nafas) dan sangat mudah menular. Penyakit ini sangat mungkin menulari istri dan anak Anda bila sudah terdapat kontak langsung. Meskipun demikian, rubella secara umum tidaklah berbahaya dan umumnya menimbulkan keluhan yang lebih ringan dari campak biasa. 

    Namun infeksi penyakit ini dapat sangat berbahaya bila terjadi pada wanita hamil terutama bila terjadi sebelum lima bulan kehamilan karena berpotensi tinggi menimbulkan sindroma rubella kongenital yang dapat menyebabkan kecacatan pada janin bahkan kematian janin.

    Secara umum rubella tidak membutuhkan penanganan khusus karena dapat sembuh dengan sendirinya (self limiting). Namun untuk menghindari risiko penularan terhadap istri Anda maka sebaiknya istri Anda melakukan pemeriksaan rubella bila merencanakan kehamilan dalam waktu dekat atau sedang hamil. Pemeriksaan ini untuk memastikan apakah istri Anda tertular rubella atau tidak. Bila memang tertular maka sebaiknya Anda dan istri Anda menghindari kondisi kehamilan sampai kondisi tersebut teratasi.

    Berikut anjuran untuk Anda :

    • Cukup istirahat
    • Gunakanlah masker saat beraktifitas diluar ruangan atau dengan orang lain
    • Konsumsi cukup air putih, minimal 2-3 liter perhari
    • Hindari kontak dengan kelompok berdaya tahan tubuh rendah seperti orang tua atau anak-anak
    • Segera periksakan diri Anda kedokter bila keluhan menetap atau memburuk
    • Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Rubella

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono