Tanya Dokter

  • Pencegahan virus hepatitis B

  • Apa yg dimaksud dengan hbs Ag reaktif ? Dan bagaimana pencegahannya dok

    Halo

    HBsAg adalah komponen penanda apakah seseorang sedang terinfeksi virus Hepatitis B atau tidak. HBsAg yang reaktif menunjukkan seseorang sedang terinfeksi virus Hepatitis B yang aktif. Infeksi ini biasa berasal dari penularan melalui darah, misalnya terkena jarum suntik yang digunakan oleh penderita HBs Ag positif. Jika orang tersebut memiliki sistem imun spesifik terhadap virus hepatitis B (melalui vaksinasi sebelumnya) maka imun ini dapat mencegah terjadinya perkembangan penyakit hepatitis, dengan syarat daya tahan tubuh tetap terjaga (nutrisi cukup, cairan, istirahat, dll). Sistem imun spesifik dapat dideteksi melalui pemeriksaan darah Anti HBS. Meski telah vaksinasi, Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam apabila tertular virus hepatitis B guna penanganan lebih spesifik.

    Pada orang yang HBsAgnya reaktif dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ulang 3 sampai 6 bulan setelah pemeriksaan pertama. Jika hasilnya negatif maka dapat dipastikan Anda telah sembuh dari infeksi virus hepatitis B. Apabila positif maka kemungkinan besar hepatitis Bnya telah kronis atau carrier (pembawa). 

    Gejala hepatitis B baru muncul dalam rentang 1 - 5 bulan pasca terinfeksi, bahkan bisa lebih. Gejala yang akan muncul antara lain:

    - Lemas

    - Demam

    - Sakit kuning

    - Penurunan berat badan

    - Nafsu makan menurun

    Konsultasikan lebih lanjut mengenai hal ini dengan dokter spesialis penyakit dalam.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil