Tanya Dokter

  • Penyakit dengan gejala penglihatan buram, sakit kepala, dan jantung berdebar-debar

  •  Feby Rudyanto
    Anggota

    Mohon jawabanya dok. Dok, Saya sudah 9 Bulan yg lalu di diagnosa sakit lambung. 3 Bulan pertma saya susah melihat (buram) dan lemas seperti gempa. trus sulit fokus ingin penglihatan trus kalo makan pedas dikit lambung trasa panas dan seperti ngantuk trus itu trjadi tiap hari sudah hampir 4bulan, trus jantung saya gampang deg degan, trus saya gampang muntah. tapi kata dokter pas di cek lagi saya tidak sakit apa apa katanya cuman pikiran di bawah alam sadar katanya. dan sampai sekarang saya blm sembuh dok, saya sudah bingung harus gimana. saya jadi lemah dok sampai sudah tidak kerja 9bulan. dan feses saya selalu lembek kadang lengket, kadang kecil kecil dan kadang berpolong. Dan paling mengganggu adalah penglihatan yg sulit fokus , jantung mudah berdebar sampai kepala kaya berat seperti makan makanan terlalu pedas seperti pusing gak karuan. futsal cuman kuat 10 menit udah deg degan dok. mohon jawabanya dok.. terimakasih.

    Halo Feby...... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Jika kita fokuskan kepada lemas yang terjadi pada Anda sebagai keluhan utama dimana dalam bahasa medis disebut sebagai asthenia, maka kondisi ini dapat disebabkan oleh karena berbagai macam hal. Lemas sendiri dibagi menjadi 2 ketegori, yaitu :

    1. Badan lemas tidak sungguhan, dimana penyebabnya adalah :
      1. stress psikologis
      2. masalah percintaan
      3. Tekanan pekerjaan
      4. Dilanda kesedihan
      5. Problematika kehidupan sehari - hari
      6. dll.
    2. Badan lemas sungguhan, dimana penyebabnya adalah :
      1. Dehidrasi
      2. Kurang gizi
      3. masa penyembuhan dari penyakit
      4. Menderita gangguan medis :
        1. Anemia
        2. gangguan pada kelenjar tiroid
        3. Penyakit hati
        4. kanker
        5. dll
      5. dll.
    Cobalah atasi keadaan ini dengan cara mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, diantaranya adalah : makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 liter perhari, kelola stress psikologis, STOP MEROKOK dan jangan minum minuman keras, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan. Jika setelah Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, kondisi yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut ( misal : pemeriksaan fisik, tes darah, tes pencitraan, dll. ), sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : BADAN LEMAS TERUS Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. jati