Tanya Dokter

  • Perdarahan yang cukup banyak di luar siklus menstruasi

  •  evasaputri
    Anggota
    Malam dok mau tanya Aku kmrn haid dok Haid aku normal Cuma agak lama bisa smpai 1-9 hari Tapi normal dok darah nya keluar yg deras bgt itu cuma 3 harian aja sisa nya darah yg sedikit2 Pertanyaan saya dok pas hari ke 9 terakhir haid aku HB sma suami malam nya Habis HB koq malah keluar darah segar ya dok lumayan byk Bahaya kah itu ? Bagaimana solusi nya dok Saya blm berani untuk HB lg sama suami Padahal ini lagi promil

    Hai evasaputri,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perdarahan yang cukup banyak di luar siklus menstruasi sesuai berhubungan seksual bisa merupakan hal yang wajar, namun bisa juga berbahaya. Pada kondisi yang wajar, perdarahan ini bisa terjadi saat organ reproduksi Anda mengalami iritasi, misalnya akibat hubungan seksual yang terlalu berlebihan, atau karena produksi pelumas vagina yang tidak adekuat. Hal ini dimungkinkan, karena seusai menstruasi, kerap kali vagina cenderung kering karena aktifitas sel-sel kelenjar di sekitar vagina masih belum optimal.

    Jika perdarahan yang Anda alami hanya terjadi sekali ini saja, Anda tidak perlu khawatir berlebihan ya.. Anda bisa lanjutkan kembali melakukan hubungan seksual jika sudah tidak lagi terjadi perdarahan aktif dari vagina.

    Namun, jika perdarahan pasca berhubungan seksual berulang kembali, maka sebaiknya Anda memeriksakannya langsung ke dokter spesialis kandungan. pada beberapa kasus, perdarahan pasca berhubungan bisa juga terjadi karena:

    Bila dirasa perlu, dokter akan menganjurkan Anda melakukan tes lanjutan, seperti USG, tes IVA, atau pap smear.

    Sementara itu, untuk mencegah keluhan berulang, sebaiknya Anda lakukan dulu foreplay (pemanasan) yang cukup untuk merangsang produksi pelumas vagina sebelum penetrasi. Tidak lupa, istirahatlah yang cukup, hindari stres, dan jaga selalu kebersihan organ intim Anda dengan baik.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah