Tanya Dokter

  • Demam tinggi setelah dicakar kucing

  • dok saya mau tanya, 2 hari sebelumnya adik saya kena cakar kucing, terus pas malemnya tiba tiba demam tinggi. besoknya saya lihat ada bengkak di tangannya. menurut dokter itu gejala rabies bukan? please answer :"

    Fitrianii Nur Salamaah  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Fitriani, Umumnya rabies ditularkan melalui gigitan, karena virus tersebut berada dalam air liur. meskipun dapat saja menular lewar cakaran jika dijilati dengan liur yang mengandung virus rabies, kemungkinannya sangat kecil. Selain itu, masa inkubasi (masa sejak masuknya virus hingga gejala muncul)  rabies rata-rata 14-90 hari. Jadi saya kira apa yang dialami adik anda bukanlah rabies. Yang adik anda alami adalah infeksi pada luka bekas cakaran karena masuknya bakteri dari cakar kucing dan luka tersebut. Sebaiknya bawa ke dokter untuk diperiksa, kemungkinan dokter akan meresepkan antibiotik minum, salep, atau kombinasi untuk meredakan infeksi dan antinyeri untuk mengurangi keluhan. Penanganan di rumah:

    • Kompres dingin area yang bengkak,
    • jangan digerak-gerakkan, jika tidur, ganjal sedikit bagian yang bengkak dengan bantal agar posisinya sedikit lebih tinggi/ membentuk sudut kira2 15 derajat
    • Gunakan parasetamol atau ibuprofen untuk membantu mengurangi nyeri
    rabies demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.