Tanya Dokter

  • Penyebab pembesaran pada leher

  •  aldoalfiyanv
    Anggota
    Dok mau tanya kok tiba2 kelenjar di leher sedikit membesar sebelumnya tidak apa apa kemudian tidak terasa sakit

    Terima kasih telah bertanya di ALodokter.com

    Timbulnya pembesaran pada leher jika berupa benjolan biasanya disebabkan oleh :

    • Pembengkakan kelenjar getah bening : pembengkakan biasanya diakibatkan oleh infeksi, seperti infeksi pada gigi, infeksi pada tenggorokan, infeksi kuman TBC (yang biasa disebut dengan TBC kelenjar),  maupun infeksi pada kelenjar getah bening itu sendiri.
    • Pembesaran kelenjar tiroid : pembesaran kelenjar tiroid ada yang dapat menimbulkan gejala maupun tidak. Adapun gejala yang dapat timbul seperti penurunan berat badan, berkeringat berlebihan, berdebar-debar, suhu tubuh meningkat dan lain sebagainya. Pembesaran kelenjar ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti kekurangan yodium, kelenjar terlalu aktif atau malah kurang aktif, maupun kanker tiroid
    • Kista : kista atau adanya cairan yang mengendap di bawah kullit memiliki gejala seperti benjolannya teraba kecil, bergeser di bawah kulit, dan terasa kenyal. 
    • Kanker : kanker merupakan benjolan atau massa yang bersifat ganas. Benjolan di leher dapat merupakan tanda dari kanker yang ada di organ sekitar leher maupun organ lainnya.

    Untuk memastikan penyebab dari keluhan tsb, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter (baik itu dokter umum maupun dokter spesialis seperti spesialis penyakit dalam) guna mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab benjolan tersebut. Dokter akan melakukan wawancara singkat mengenai keluhan anda, kemudian melakukan pemeriksaan fisik, dan juga pemeriksaan penunjang jika dirasa perlu. Pemeriksaan penunjang seperti pengecekan darah di laboratorium, usg, maupun biopsi benjolan dapat diperlukan dokter untuk memastikan penyakit anda. Kemudian penanganan yang tepat akan dapat diberikan sesuai dengan penyebab tersebut. Pemeriksaan sedini mungkin tidak masalah karena dapat mencegah perburukan penyakit. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan di rumah :

    • Minum obat penghilang rasa sakit jika terasa nyeri
    • Makan makanan yang bergizi dan minum air putih minimal 8 gelas per hari
    • Istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi
    • Memperhatikan benjolan dengan lebih seksama (apakah benjolan membesar atau tidak, kempes atau tidak, bergerak jika disentuh atau tidak, jumlahnya bertambah atau tidak, dan lain-lain)

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti