Tanya Dokter

  • Pendarahan dari gusi

  •  Dinda
    Anggota
    Permisi dok, umur sy 18th sudah bbrp tahun kebelakang ini sy sering sekali pendarahan dari celah gusi gigi seri tengah bagian atas. Waktu saya ke dokter gigi, dia bilang mulut saya sehat, tidak ada yg bengkak sama sekali, karang gigi pun tdk ada. Memang saya pun tidak merasakan sakit di mulut . Saat mulut saya sedang diam/tdk bicara dan makanpun darah tbtb keluar sendiri, kadang sesekali darahnya sampai menetes apabila sy membuka mulut. Kira2 itu kenapa ya dok? Lalu kalo saya periksa ke dokter alangkah baiknya ke dokter spesialis apa ya? Soalnya dokter gigi blg mulut sy sehat. Terimakasih dok

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Adanya keluhan seperti yang Anda sampaikan memang dapat disebabkan kelainan pada rongga mulut seperti adanya infeksi pada gusi dan karang giig. Tetapi jika Anda telah mengunjungi dokter gigi dan dikatakan tidak ada kelainan, maka untuk sementara hal tersebut dapat disingkirkan.

    Tidak adanya riwayat trauma juga saya kira menyingkirkan hal itu sebagai penyebab.

    Salah satu kondisi lain yang dapat menyebabkan keluhan tersebut adalah gangguan pada proses pembekuan darah, dapat disebabkan karena kelainan jumlah dan atau fungsi trombosit atau pada faktor-faktor pembekuannya. Penyebab lain seperti defisiensi vitamin tertentu seperti B12 dan gangguan fungsi hati juga bisa menimbulkan keluhan yang sama.

    Saya kira sebaiknya kunjungi dokter terlebih dahulu, khususnya dokter spesialis penyakit dalam. dokter akan melakukan wawancara dan ,pemeriksaan fisik, untuk melihat apakah terdapat temuan-temuan yang mungkin mengarah ke suatu kelainan tertentu. Pada umumnya pemeriksaan laboratorium darah untuk memeriksa jumlah trombosit dan juga fungsi pembekuan darah mungkin perlu dilakukan untuk membantu dokter menegakkan diagnosis.

    Penanganan harus dilakukan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya karena akan berbeda-beda tergantung penyebabnya.

    obat gusi berdarah

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    dr. Lili