Tanya Dokter

  • Pendarahan vagina bukan saat mens

  •  Nadyya Nev
    Anggota

    Selamat pagi dok, Saya nadya usia 22 thn, Saya ingin bertanya, saya mengalami pendarahan vagina bukan pada masa menstruasi dokter, dan 1 bulan ini sudah 2x .. kira2 kenapa penyebannya dokter, saya merasa khawatir dgn ini, terimakasih dok

    Nadyya Nev  dr. Nofrina
    Dokter

    Hi Nadya, Kondisi perdarahan pervaginam/menstruasi lebih dari satu kali dalam satu periode/siklus haid normal anda disebut juga dengan istilah metrorarghia. Ada beberapa penyebab terjadinya kondisi metrorarghia, seperti :

    • Penyebab organik atau adanya kelainan yang mendasari, seperti polip rahim, erosi pada rahim, ulkus pada leher rahim, polip endometrium, keguguran, hamil anggur, bahkan penyakit keganasan/kanker.
    • Penyebab fungsional, biasanya diakibatkan ketidak seimbangan hormon.
    • Kondisi lainnya, seperti : kegemukan, akibat olahraga berat, stress psikis emosional, dan pengaruh obat-obatan tertentu.
    Saran dari kami untuk dapat menentukan penyebab dengan jelas serta mendapatkan terapi yang tepat, maka sebaiknya anda berkonsultasikan lebih lanjut ke dokter ahli kandungan dan kebidanan (obstetri ginekologi/obsgin) mengenai kondisi metrorarrghia yang anda alami. Anda juga dapat membaca artikel mengenai  Menstruasi dan Mewaspadai menstruasi yang tidak normal yang telah disusun oleh tim Alodokter Semoga membantu. Salam, dr. Nofrina