Tanya Dokter

  • Pendarahan karena plasenta previa

  •  Uchik
    Anggota

    Sore dok sy wanita usia 21 tahun,,,, saat ini sy hamil udah 11 minggu tapi kemarin saya mengalami pendarahan,,,, saya cek katanya plasenta nya berada di bawah,,,, apakahh plasenta previa itu membahaya si janin dok??

    Hai Salah satu risiko letak placenta dibawah (placenta previa) adalah adanya perdarahan. Placenta merupakan sumber nutrisi bagi bayi dan satu-satunya tempat kontak dengan rahim ibu, oleh sebab itu daerah tersebut banyak sekali pembuluh darah, bila letak dibawah yaitu di lubang leher rahim maka berpotensi terjadinya perdarahan. Bila perdarahan ringan tidak memerlukan perawatan dirumah sakit, namun bila perdarahan rahim yang sangat banyak, maka dibutuhkan pertolongan segera ke rumah sakit, karena dengan perdarahan yang banyak tersebut berisiko bagi janin dan ibu. Untuk mencegah terjadinya perdarahan dibutuhkan pembatasan seperti:

    • Tidak berolahraga berat
    • Membatasi aktivitas fisik
    • Tidak berhubungan intim sementara waktu.
    Diperlukan pemeriksaan USG secara berkala minimal 1 kali setiap 3 bulan, untuk mengetahui apakah telah terjadi perubahan letak placenta. Seiring berjalannya waktu, usia kehamilan semakin bertambah dan rahim semakin besar maka placenta dapat ikut naik keatas mengikuti rahim yang membesar tersebut. Pada saat menjelang persalinan diperlukan USG untuk mengetahui posisi akhir dari placenta, sehingga diketahui apakah memungkinkan untuk dilakukan persalinan melalui vagina atau sesar. Bila placenta sudah tidak menutup maka dapat dilakukan persalinan pervaginam, namun bila placenta masih sebagian menutup dianjurkan untuk persalinan melalui operasi sesar. Informasi terkait secara lengkap dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Placenta previa. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william