Tanya Dokter

  • Pendarahan pasca kuret

  • siang dok..perlu bantuan nya tgl 3 juni kemaren saya kuret..setelah kuret sampai sekarang (3 minggu)masih keluar darah banyak(maaf kadang2 agak coklat k hitaman)...apa kah masih wajar/ada sesuatu?

    terimakasih

    sangat penting sekali jawaban nya bagi saya... di tunggu jawaban nya dok,mkch

    Resya Rachmawatie  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Resya, Umumnya setelah menjalani prosedur D&C (dilatasi dan curettage) memang akan mengalami beberapa hal seperti nyeri perut bawah (seperti jika anda menstruasi) tdan sedikit perdarahan selama beebrapa hari pertama. Anda perlu mengunjungi dokter kembali jika :

    1. Perdarahan yang masih cukup deras dan berkepanjangan (3 minggu sudah termasuk terlalu lama) atau disertai adanya gumpalan-gumpalan darah
    2. demam
    3. nyeri berlebihan, termasuk nyeri tekan pada perut
    4. cairan berbau dari vagina
    5. tidak menstruasi selama beberapa bulan setelah kuret 9akibat pembentukan jaringan parut paska kuret, sehingga ada perlekatan -- asherman syndrome)
    Akan tetapi, pada umumnya tindakan kuret merupakan tindakan yang aman, dan efek samping yang berat jarang terjadi, walaupun kemungkinannya meningkat jika terdapat gangguan bentuk/posisi rahim dan adanya penyempitan leher rahim. Penyebab perdarahan yang masih berlangsung antara lain :
    1. MAsih tertinggalnya jaringan ('kuret tidak bersih)
    2. Perforasi pada uterus/rahim
    3. cedera pada leher rahim
    4. gangguan perdarahan
    Sebaiknya anda mengunjungi kembali dokter kandungan anda untuk menjalani pemeriksaan ulang dan pemeriksaan penunjang seperti USG untuk memastikan penyebab masih berlangsungnya perdarahan yang anda alami, sehingga dapat dilakukan penanganan yang sesuai. demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

    kemaren saya coba konsumsi sari kurma,,ternyata pendarahan nya makin banyak deras kaya seperti di kuras gitu.. sakit perutnya kaya mensturasi (sumilangen)..tp kalau d tekan gak sakit.. kalau misalkan penyebab kuret nya kurang bersih..apa hanyadi kasih obat/harus d kuret lg...

    Resya Rachmawatie  dr. Rico N
    Dokter

    Apakah dikuret lagi atau tidak itu tergantung penyebab perdarahannya. Kalau karena masih ada sisa, tergantung sebanyak apa, dapat dengan obat, tetapi jika cukup banyak mungkin harus dilakukan curettage ulang (tergantung hasil pemeriksaan nanti, komunikasikan dengan dokter yang memeriksa anda). demikian, semoga membantu

    saya bingung dok...saya lusa niat mau kontrol lg..apa harus ke dokter yg kmren nanganin saya/coba ke dokter yg lain untuk perbandingan.....soal nya saya kurang puas sama dokter yg nanganin kemarin.

    Resya Rachmawatie  dr. Rico N
    Dokter

    Anda dapat melakukan keduanya, meminta second opinion merupakan hak bagi tiap pasien. Saran saya anda kembali pada dokter yang menangani anda dulu, tanyakan penyebab dan rencana penanganannya, jika anda ragu atau belum yakin anda kemudian dapat meminta second opinion dari dokter lain sehingga dapat memutuskan pilihan yang anda rasa terbaik untuk diri anda

    terimakasih dok atas saran nya....semoga tidak terjadi apa2 & sehat kembali

    maaf dok satu pertanyaan lg..kalo hasil kontrolnya trnyata kuret kmren kurang bersih apa kuret yg ke 2 harus di dokter yg sama atau boleh di dokter lain???

    Resya Rachmawatie  dr. Rico N
    Dokter

    Anda dapat melakukan keduanya. oleh di dokter yang sama, boleh pula di dokter yang lain jika memang anda menghendakinya.

    siang dok..meneruskan pertanyaan saya sebelum nya.....setelah kontrol tgl 30 juni kata dokternya saya langsung nifas maka nya pendarahan nya agak lama..trus jarak 1-2 mingu lg akan dapat mens...dan ternyata tgl 11 juli saya udah dapat mensturasi pertama....tp skrng ko kadang keluar gumpalan lendir berwarna kopi susu??itu kenapa ya dok???