Tanya Dokter

  • pendarahan saat dan setelah berhubungan

  •  mutiamutiara
    Anggota

    assalamualaikum,

    selamat siang dok,

    saya mohon bertanya, pada awalnya saya memang datang terlambat bulan dari gadis, kadang setiap 2bulan, 3bulan bahkan 5bulan sekali baru menstruasi. begitu datang bulan sangat banyak hingga kesakitan yang luar biasa dan itupun bisa menghabiskan cuma 3hari saja bahkan bisa 2minggu berturut turut (beserta flek berkepanjangan). menurut keluarga itu adalah keturunan dan saya kemudian usg dan periksa kedokter pun tidak ada masalah berarti.

    pada akhirnya saya menikah dan berhubungan pada awalnya tidak trjadi masalah, namun bbrp tahun belakangan saya mengalami pendarahan di saat terkahir dan sesudah berhubungan, yang ingin saya tanyakan apakah berpengaruh dari masa haid saya sewaktu gadis? ataukah ini gejala kanker serviks? atau semacam kista, dan mohon arahannya. karna saya sudah melakukan usg dan tidak ada masalah yang serius.

    terimakasih dokter, semoga saran yang diberikan nantinya sangat membantu saya.

     

    wasallam.

    Hai, Perdarahan dari vagina yang muncul selama atau setelah berhubungan seksual dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

    • luka pada dinding vagina akibat berhubungan seksual
    • terdapat tumor atau polip pada leher rahim atau dinding vagina, sehingga dapat menyebabkan perdarahan selama atau setelah berhubungan
    • infeksi oleh bakteri atau jamur
    • level hormon estrogen yang rendah
    Jika keluhan masih berlanjut, Anda sebaiknya periksa kembali ke dokter. Pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG atau pap smear dapat membantu untuk mengetahui penyebab pastinya. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan hasil pemeriksaan.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto

    mutiamutiara  mutiamutiara
    Anggota

    dear dokter jessica winoto, selamat pagi, terima kasih banyak dok atas sarannya. akan saya periksakan kembali.

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.