Tanya Dokter

  • pendarahan saat hamil usia 2-3 bulan

  •  Elsa Nuari
    Anggota
    dokter saya pendarahan tanggal 9 oktober - awal november saya sudah priksa ke 4 dokter spesialis di usg pada dokter pertama saya dikasih obat penguat kandungan, dokter kedua saya dsuruh bedrest krn saya kelelahan dokter ketiga dn keempat pun sama dan di usg pun janinku gk papa do, saya g dikasi tau saya infeksi ato apa? saya cek darah di SIMALab juga g ada virus semua normal. darah yg keluar itu awal2 darah segar dan 2 kali ada gumpalan darah, lalu darahnya sekarang agak coklat kehitaman, kenapa itu dok? saya takut nanti berakibat ada kelainan pada janin saya , apakah itu berpengaruh dok ? solusinya apalagi dokter ? saya harus tes apalagi? trimakasih tolong dijawab dokter ,,
    Elsa Nuari  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Elsa Nuari,

     

    Pada terjadinya kehamilan trimester pertama pendarahan dapat terjadi pada 2-3 minggu pertama terjadinya kehamilan yang dapat disebabkan karena adanya bercak implantasi namun pada trimester pertama terjadinya kehamilan, munculnya terjadinya ancaman untuk keguguran (abortus iminens) atau disebabkan karena proses keguguran yang sedang berlangsung (abortus insipiens), ataupun kehamilan kosong (blighted ovum).

     

    Beberapa keluhan yang dapat muncul yang dapat dicurigai terjadinya abortus diantaranya :

     

    • Pendarahan jalan lahir atau bercak darah yang berasal dari jalan lahir
    • Keluarnya cairan atau jaringan dari jalan lahir
    • Mual
    • Keram atau nyeri pada perut bagian bawah

     

    Beberapa anjuran yang dapat diikuti diantaranya :

    • Beristirahat selama masa kehamilan dan hindari untuk melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat
    • Hindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol
    • Mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter
    • Dengan rutin melakukan kontrol ke dokter untuk melakukan pemeriksaan
    • Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang

     

    Apabila anda sudah melakukan pemeriksaan sebelumnya ke dokter spesialis kandungan dan telah melakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan laboratorium dan dinyatakan dari hasil pemeriksaan janin di dalam kandungan dinyatakan dalam keadaan baik maka dapat disimpulkan bahwa saat melakukan pemeriksaan tidak terdapat masalah pada kandungan anda. Namun apabila sudah melakukan pengobatan dan masih terdapat keluhan anda dapat melakukan kontrol dengan dokter tempat anda melakukan pemeriksaan sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap hasil pengobatan yang telah dilakukan dan dapat diberikan alternatif penatalaksanaan lain yang dapat diberikan terhadap keluhan.


    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi