Tanya Dokter

  • Pendarahan saat pertama kali berhubungan intim

  •  AveAgustina
    Anggota

    Saya seorang wanita, umur 21 tahun. Pertama kali saya melakukan hub seksual dengan pasangan saya, saya mengalami pendarahan sekitar 2 kali melakukan dan itu terasa sakit. Sehari setelah itu, saya melakukan hubungan lagi dan tidak terjadi pendarahan tetapi masih merasakan sakit. Setelah itu saya akan melakukan hubungan seksual 3 bulan setelah itu. Yang ingin saya tanyakan: 1. Apakah itu baik buat kesehatan saya dan pasangan saya dok? 2. Apakan melakukan hubungan seksual setelah 3 bulan tidak berhubungan akan terasa sakit lagi? 3. Apakah selama saya masih beberapa kali melakukan hubungan seksual dan dalam jangka waktu yg lama sekitar 4 atau 5 tahun tidak melakukan hubungan seksual, akan mempengaruhi ukuran kelebaran dan kelonggaran vagina saya? Tolong bantuannya ya dokter. Trimakasih.

    Halo,   Perdarahan saat berhubungan pertama kali bisa disebabkan karena robeknya selaput dara akibat penetrasi. Dan hal ini normal terjadi pada wanita yang masih memiliki selaput dara yang utuh. Biasanya perdarahan akan berhenti dengan sendirinya. Sementara rasa nyeri saat berhubungan pertama kali juga normal terjadi karena masih kakunya otot vagina dan bisa juga disebabkan hal lain seperti :

    1. Stress / ketakutan.
    2. Foreplay yang kurang lama
    3. Berhubungan terlalu terburu buru
    4. Vagina terlalu kering
    5. dll.
    Rasa nyeri saat berhubungan otomatis akan menghilang jika Anda berada dalam kondisi sehat (fit) dan aktif secara seksual dan juga berkomunikasi dengan pasangan Anda mengenai keluhan Anda ini sehingga bisa mencari solusi bersama. Anda bisa memperlama foreplay, menambahkan pelumas tambahan serta mencari posisi yang nyaman untuk Anda berdua. Kesehatan Anda dan pasangan tidak dipengaruhi dengan frekuensi Anda berhubungan intim, walaupun jika Anda terlalu sering berhubungan tentunya bisa menyebabkan kelelahan dan akan mengganggu kesehatan. Berhubungan intim memiliki sisi positif dan negatif, beberapa penelitian menyatakan bahwa hubungan seksual yang sehat dan orgasme bisa membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat karena terdapatnya hormon endorfin yang dikeluarkan paska orgasme. Namun berhubungan intim tanpa pengaman dan tanpa ikatan bisa juga menyebabkan penularan penyakit seksual dll. Dan berhubungan intim tidak akan mempengaruhi kelebaran / kelonggaran vagina Anda. Baca artikel Hubungan intim di malam pertama. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi