Tanya Dokter

  • Pendarahan setelah berhenti KB disertai kram pinggul paha hingga betis

  • hallo dok.. saya mar'atush, saya sekarang umur 23 th sudah menikah dan sudah mempunyai anak. sebelumnya saya setelah selesai nifas saya menggunakan alat kontrasepsi kb suntik 3 bln  kurang lebih selama 1,5 tahun, selama kb saya tidak mengalami menstruasi, kemudian saya berhenti kb 3 bln dan tidak menggunakan alat kontrasepsi manapun tapi tak kunjung menstruasi sampai 6 bln baru menstruasi dan haidnya jadi tidak teratur dan selalu setelah haid selesai berselang 1 hari atau 2 hari keluar flek yang kemudian keluar darah  lagi sampai 2-3 har bahkan 1 minggu baru berhenti setelah itu selang 1-2 hari keluar darah haid lagi yang di sertai dengan sakit kram di betis, paha dan pinggul sebelah ini berlangsung dari blan januari 2016 samapi sekarang. kira-kira itu saya kenapa dan solusinya atau obatnya apa ya dok? trimakasih sebelumnya.

    Hai Mar'atush,

    Setelah penghentian KB suntik maka tubuh tidak lagi mendapat asupan hormon sintetis dari luar, sehingga kondisi ini menyebabkan terjadinya perubahan keseimbangan hormonal di dalam tubuh. Tubuh akan memerlukan waktu untuk kembali mengatur regulasi hormonal ini. Dalam prosesnya dapat timbul gangguan pada siklus menstruasi, baik berupa menstruasi tidak teratur, menstruasi berlebihan, perdarahan di luar masa menstruasi, atau justru tidak mendapat menstruasi. Keluhan menstruasi tidak teratur yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal paska penghentian KB suntik ini.

    Umumnya diperlukan waktu 3-6 bulan hingga siklus menstruasi dan kesuburan kembali normal, namun pada sebagian kasus lainnya dapat dibutuhkan waktu yang lebih panjang hingga 1 tahun.

    Namun demikian, menstruasi yang tidak teratur dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:

    -Endometriosis

    -Erosi vagina

    -Kista ovarium

    -Radang panggul

    -Gangguan pembekuan darah

    -Kanker serviks

    -dan sebagainya

    Mengingat keluhan sudah berlangsung lama, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan untuk menjaga regulasi siklus menstruasi:

    -Beristirahat cukup dan konsumsi makanan bergizi

    -Jangan terlalu lelah, batasi aktivitas fisik yang berat

    -Menjaga berat badan ideal

    -Hindari diet ketat

    -Meminimalisir stres

    Diskusi berikut ini membahas topik yang serupa:

    Haid tidak teratur setelah lepas KB suntik

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman