Tanya Dokter

  • Pendarahan setelah seminggu selesai menstruasi

  • Dok, saya 18 tahun. Saya sudah 2 bulan mengalami pendarahan setelah seminggu selesai menstruasi. Saat darah keluar sama sekali tidak terasa sakit. Awalnya berupa bercak coklat lalu menjadi lendir coklat dan lalu menjadi lendir seperti darah merah segar. Ini terjadi sekitar 3-4 hari. Lendir ini tidak berbau seperti darah dan tidak terasa sakit apapun. Kira2 kenapa ya dok?

    Halo,   Keluhan flek kecoklatan bisa saja hanya disebabkan karena adanya sisa darah menstruasi yang keluar bersama dengan cairan vagina. Perdarahan diluar masa menstruasi bisa disebabkan karena :

    1. Gangguan hormonal
    2. penggunaan metode KB =  IUD
    3. Jaringan fibroid pada rahim
    4. Polip rahim
    5. Penyakit radang panggul
    6. Infeksi rahim
    7. Tanda awal kanker serviks.
    8. Obesitas.
    9. dll.
    Untuk memastikan dengan pasti maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan melakukan tes medis seperti USG, tes darah dll. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Berolahragalah secara teratur, makan gizi seimbang, istirahat cukup dan kelola stress Anda. Baca topik Gangguan menstruasi. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi  

    Iya dok, saya sempet cek ke dokter. Tapi dari hasil USG tuh ga ada apa2 di rahimnya. Cuman udah dari 2 bulan yg lalu terus2an kaya gini dok. Saya takut gitu... Kira2 yang paling memungkinkan gara2 apa ya dok? Soalnya hasil USG juga gak kenapa2..

    Kalo saya mengkonsumsi obat utk menghentikan pendarahan tidak apa2 dok?