Tanya Dokter

  • Pendarahan setelah terus menerus setelah 3 hari keguguran

  •  Indri Ag
    Anggota
    Hallo dok, saya mau tanya apakah wajar jika 3hari setelah keguguran perut terasa masih mulas dan masih pendarahan, Apakah saya harus periksa rahim saya ke dokter kandungan?
    Indri Ag  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Indri,

    Saya turut bersedih terhadap kehilangan yang Anda alami. Perdarahan melalui kewanitaan merupakan keluhan yang umum terjadi pada wanita paska mengalami keguguran. Sifat perdarahan paska keguguran mirip dengan perdarahan paska melahirkan (lochea) namun kondisi ini dapat bervariasi tergantung usia kandungan, ukuran kandungan, jenis penanganan yang dilakukan (abortus spontan atau dikuret) serta adanya komplikasi penyerta seperti infeksi atau gangguan pembekuan darah.

    Perdarahan yang normal terjadi adalah perdarahan dengan jumlah minimal, berwarna merah segar yang berangsur-angsur menggelap (kecokelatan), kekuningan dan putih-bening. Perdarahan ini umumnya terjadi selama 2 minggu namun dapat berlangsung sampai dengan 6 minggu paska keguguran/persalinan.

    Walaupun normal, Anda harus mewaspadai perdarahan dengan jumlah yang tidak biasa (jumlahnya meningkat) atau disertai keluhan lain seperti nyeri yang berat. jangan ragu untuk memeriksakan keluhan Anda ke dokter bila Anda merasa khawatir mengenai kondisi Anda. Dokter Anda akan menanyakan riwayat keluhan Anda dan memastikan apakah perdarahan yang Anda alami adalah  normal atau disebabkan kondisi lainya.

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

    Keguguran

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono