Tanya Dokter

  • penderita penyakit jantung,dan flek paru paru

  • Kakek saya penderita penyakit jantung,obat yg diberikan oleh dokter yaitu ranitidin,domperidone,rifampicin,,semenjak minum obat itu keadaan kakek saya mlah terlihat mulai memburuk dia sering sulit buang air besar,susah tidur,sering pusing,kaki bengkak,sesak nafas mulai kambuh,,apa yg harus dilakukan?

    Hai, Bisa saja efek samping obat yang dikonsumsi dapat timbul sakit kepala, pusing, atau nafsu makan berkurang. Namun perlu dipikirkan dari kondisi medis kakek Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung dan flek paru. Penyakit jantung dan flek paru dapat menimbulkan gejala seperti sesak napas. Jika kakek Anda kurang aktifitas atau banyak duduk dengan posisi kaki di bawah, hal ini juga dapat menimbulkan kaki bengkak. Konsumsi serat seperti sayur dan buah. Lebih sering minum air mineral, dengan jumlah yang tidak banyak pada sekali minum. Sehingga mempermudah buang air besar. Batasi kafein, tidak merokok. Miliki ventilasi atau pertukaran udara yang baik di lingkungan rumah tinggal kakek Anda. Disarankan agar kakek Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan dan obat yang dikonsumsi, serta tes penunjang seperti tes darah, EKG, atau sinar X, dapat membantu untuk mengetahui kondisi lebih lanjut dan evaluasi pengobatan guna memperbaiki kondisi kesehatan kakek Anda.   Semoga bermanfaat, dr. Jessica

    Hard Core Till  Hard Core Till
    Anggota

    Apakah penyakit kakek saya tersebut bisa dilakukan dng pengobatan akupuntur,supaya mengurangi obat kimia?

    Hard Core Till  Hard Core Till
    Anggota

    Makasih dok jwaban dokter sngat membantu,,Apakah penyakit kakek saya tersebut bisa dilakukan dng pengobatan akupuntur,supaya mengurangi obat kimia?

    Hai, Sebaiknya tetap konsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter yang merawat kakek Anda. Untuk metode akupunktur, disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter yang menangani.   Salam, dr. Jessica