Tanya Dokter

  • Masih keluar darah setelah operasi caesar

  •  ernafauzan
    Anggota
    Selamat siang dok, saya mau tanya normalkah masih keluar darah sedangkan saya operasi caesar 24 agustus lalu, keluar darah nya sih jarang jarang tp tiga hari yg lalu keluar darah gumpal setelah itu kluar flek saja, apa kah stres mempengaruhi mohon penjelasanya dok teeimakasih

    Halo ernafauzan, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Setelah melahirkan, seorang wanita akan memasuki masa nifas, yaitu masa di mana tubuh wanita mengalami penyesuaian untuk kembali ke kondisi tubuh sebelum melahirkan. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 40 hari atau 6 minggu. Pada masa nifas ini, wanita akan mengeluarkan cairan dari vaginanya yang disebut dengan cairan lokia. Cairan lokia ini berisi darah, lendir, dan sisa-sisa jaringan rahim setelah melahirkan. Cairan ini akan mengalami perubahan warna dari yang berwarna merah seperti darah pada 3-5 hari pertama, menjadi kecoklatan atau merah muda pada hari ke 5-10 setelah melahirkan, hingga berwarna putih atau putih kekuningan pada 10 hari hingga 6 minggu setelah melahirkan.

    Perdarahan yang dialami setelah perdarahan masa nifas berakhir dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, diantaranya adalah:

    • Menstruasi. 

    Pada wanita yang tidak menyusui, siklus menstruasi bisa kembali secepatnya 4-8 minggu setelah melahirkan. Pada wanita yang menyusui secara eksklusif, siklus menstruasi bisa kembali lebih lama dari pada itu, tergantung pada seberapa aktif wanita tersebut menyusui bayinya. 

    Siklus menstruasi setelah melahirkan sangat mungkin berbeda dari siklus menstruasi sebelum melahirkan. Beberapa hal yang mungkin anda rasa berbeda antara lain:

    1. Darah menstruasi yang keluar bisa lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya
    2. Menstruasi disertai dengan keluarnya darah beku atau berupa gumpalan darah
    3. Nyeri menstruasi bisa jadi lebih kuat atau lebih ringan dari biasanya
    4. Siklus menstruasi yang tidak teratur, kadang berhenti lalu berlanjut kembali, terutama bila wanita tersebut menyusui
    • Kehamilan

    Kembalinya kesuburan setelah melahirkan juga berbeda-beda pada setiap wanita. Kesuburan pada wanita yang tidak menyusui dapat terjadi secepatnya 6 minggu pasca melahirkan. Pada wanita yang menyusui eksklusif, kembalinya kesuburan bisa terjadi lebih lama dari itu. Perdarahan bisa jadi merupakan salah satu tanda kehamilan atau komplikasi dari kehamilan seperti keguguran, kehamilan ektopik, atau mola.

    • Penggunaan kontrasepsi

    Penggunaan kontrasepsi hormonal maupun alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) dapat menyebabkan terjadinya perdarahan setelah lewat masa nifas

    • Infeksi pada rahim atau endometritis

    Endometritis merupakan salah satu komplikasi yang dapat terjadi terutama pada wanita paska persalinan terutama persalinan yang lama, persalinan dengan operasi seksio (SC), dan paska keguguran. Beberapa gejala yang mungkin terjadi pada endometritis antara lain:

    1. Perdarahan dari vagina
    2. Pembesaran pada daerah perut
    3. Nyeri saat buang air besar
    4. Konstipasi atau susah buang air besar
    5. Demam
    6. Nyeri pada perut bagian bawah dan panggul

     

    Pertama-tama, anda dapat mengamati terlebih dahulu perdarahan yang anda alami apakah mungkin disebabkan oleh kembalinya siklus menstruasi, penggunaan KB, atau anda mengalami kehamilan kembali. Bila tidak disebabkan karena ketiga hal tersebut, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Segera pergi ke dokter terutama bila anda mengalami gejala-gejala berikut ini:

    1. Perdarahan sangat banyak dan tidak berhenti
    2. Keluar gumpalan jaringan bersama darah
    3. Pusing hingga pingsan
    4. Demam
    5. Nyeri pada perut bagian bawah dan panggul

     

    Tingkat stress yang tinggi memang dapat mempengaruhi kondisi hormonal seseorang. Oleh karena itu, stress yang tinggi juga dapat menyebabkan terjadinya perdarahan yang bukan merupakan siklus menstruasi. 

     

    Sekian yang dapat saya informasikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia