Tanya Dokter

  • Mengatasi pendarahan pada penderita penebalan dinding rahim

  •  Zara Yulee
    Anggota
    Sore dok.. Saya mau tanya.saya mengalami penebalan dinding rahim.sdh diperiksa diahli kandungan.darah yg keluar mengumpal.sudah 3 minggu darah keluar terus.saya ke dokter minta obat untuk memberhentikan darah apakah aman saya komsumsi obat tersebut ato dibiarkan saja secara alami darah yg keluar itu terus menerus.dan sampai berapa lama darah akan keluar.aku takut jgn sampai kehabisan darah .
    Zara Yulee  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Zara,

    Penebalan dinding rahim dalam bahasa medis dinamakan hiperplasia endometrial. Kondisi ini terjadi apabila tebal dinding rahim lebih dari 15 mm. Ada beberapa faktor yang bisa berpengaruh terhadap penebalan dinding rahim diantaranya adalah faktor hormonal, sindroma ovarium polikistik, dalam perawatan terapi pengganti estrogen, dan obesitas.

    Wanita dengan penebalan dinding rahim bisa mengalami periode menstruasi yang lebih lama, darah menstruasi lebih banyak, atau ada perdarahan di luar siklus menstruasi. Pemeriksaan untuk mengetahui penebalan dinding rahim adalah dengan wawancara, pemeriksaan fisik, dan USG. Penanganan penebalan dinding rahim adalah dengan terapi hormonal (umumnya mengandung progesteron), dan prosedur kuretase, serta ditunjang dengan perubahan pola hidup sehat.

    Apabila Anda sudah berobat ke dokter spesialis kandungan dan perdarahan belum juga berhenti, maka saya sarankan agar Anda melakukan kontrol kembali dengan dokter kandungan yang merawat Anda ya. Dokter tersebutlah yang lebih paham mengenai riwayat kesehatan Anda. Dokter akan melakukan evaluasi terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi rahim Anda dan memberikan penanganan lanjutan yang tepat.

    Apabila dokter kandungan memberikan obat untuk menghentikan perdarahan, Anda boleh mengkonsumsi obat tersebut sesuai anjuran dokter ya. Jika obat habis dan belum ada perubahan, sebaiknya Anda kontrol ke dokter kembali. Selain itu, cobalah melakukan pola hidup sehat agar menstruasi bisa lebih lancar misalnya dengan istirahat cukup, olahraga teratur, menjaga berat badan ideal, konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta hindari stress ya.

    Berikut ini diskusi yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Penebalan dinding rahim

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y