Tanya Dokter

  • Pengangkatan rahim, msih mengalami mensturasi

  • Dok, sya mw tanya... Beberapa tahun lalu mama sya melakukan oprasi pengangkatan rahim, tapi kenapa ya dok, mama sya masih mengalami mensturasi dan rasa sakit yg hebat apabila sedang mensturasi, apa ya dok penyebabnya?

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Pengangkatan rahim disebut juga histerektomi dalam bahasa medis. Tujuannya bisa akibat adanya kanker pada rahim atau leher rahim, adanya tumor jinak, endometriosis, atau akibat adanya perdarahan yang banyak dari rahim Pengangkatan rahim bisa total atau sebagian. Total berarti rahim beserta leher rahim (serviks) juga diangkat, sementara histerektomi sebagian berarti leher rahim masih ditinggalkan. Menstruasi sendiri adalah pedarahan dari vagina yang terjadi akibat peluruhan dinding rahim. Pada saat rahim diangkat, seharusnya tidak ada lagi dinding rahim yang meluruh. Perdarahan yang terjadi setelah adanya histerektomi dapat diakibatkan oleh :

    1. adanya iritasi atau luka pada vagina

    2. Adanya peradangan pada serviks

    3. Adanya infeksi pada vagina ataupun serviks

    Anda sebaiknya memeriksakan diri ibu Anda ke dokter Sp.OG untuk mengetahui penyebab perdarahan tersebut dan apakah berkaitan dengan histerektomi yang dilakukan beberapa tahun yang lalu. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemerikaan tambahan seperti USG. Beberapa anjuran untuk ibu Anda :

    1. Hindari melakukan pekerjaan berat terlebih dahulu.

    2. Istirahat yang cukup 7-8 jam sehari

    3. Makan makanan yang bergizi dan seimbang serta tingkatkan asupan zat besi seperti pada daging, hati, dan bayam.

    4. Jika perdarahan yang keluar banyak dan Ibu Anda merasa pusin, pucat, berkunang-kunang, sesak napas, dan berdebar-debar, sebaiknya langsung menemui dokter.

    5. Hindari dulu berhubungan seksual 

    Semoga bermanfaat

    Salam, 

    dr.Angga