Tanya Dokter

  • Pengap di dada bagian tengah, atas, hingga ke leher dan rahang

  • Salam Dokter, Saya Perokok,,namun selama ini tidak ada keluhan apapun. kemudian saya merasa pengap di bagian dada tengah atas sampai ke leher dan rahang.

    Namun pemicunya awal sakit di dada saya itu suatu hari saya merasa pusing, melihat teman-teman metis (petis buah) agak banyak memang. sepertinya enak, apalagi dalam keadaan pusing. selepas itu sekitar 1 jam setelahnya saya minum obat warung *** 1 tablet untuk meredakan pusing.

    Disana awalnya rasa pengap itu terasa. gejala apa itu Dok? Terima kasih atas sebelumnya untuk penjelasannya.

    Hai,   Untuk memastikan apa penyebab keluhan Anda maka pemeriksaan secara langsung akan diperlukan. Selain pemeriksaan fisik beberapa pemeriksaan penunjang juga mungkin diperlukan untuk mencari penyebab keluhan Anda. Adapun beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda adalah:

    1. Penyakit asam lambung / GERD.
    2. Efek samping obat
    3. Penyakit Jantung
    4. Dispepsia
    5. Infeksi virus
    6. Dll.
    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda pemeriksaan fisik, tes darah, EKG , endoskopi dan USG mungkin diperlukan. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab dari keluhan Anda. Keluhan yang timbul setelah Anda memakan petis dan meminum obat pereda nyeri mungkin mengindikasikan adanya gangguan pada lambung Anda akibat asam lambung berlebih. Penyakit GERD ini timbul akibat lemahnya saluran esofagus bagian bawah seseorang sehingga bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke dada dan kerongkongan yang menimbulkan gejala sensasi seperti rasa panas dan penuh pada  dada. Beberapa gejala lain yang biasa dikeluhkan adalah :
    1. Mual
    2. Rasa panas pada dada, leher.
    3. Nyeri perut ulu hati.
    Penanganan asam lambung berlebih ini melibatkan obat obatan dan perubahan pola makan yang lebih baik. Obat obatan untuk mengurangi gejala GERD adalah :
    1. Antasida dan alginat
    2. Lanzoprazol
    3. Omeprazol
    4. Ranitidin dll
    Sementara perubahan pola makan yang sebaiknya Anda praktekan adalah :
    1. Makan dengan porsi kecil tapi sering.
    2. Hindari makanan yang menaikkan kadar asam lambung seperti coklat, makanan berminyak dll
    3. Hindari alkohol, kopi, teh softdrink.
    4. Hindari berbaring sehabis makan.
    5. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari perut.
    6. Hindari stress
    Semoga membantu.   Dr. Yusi.