Tanya Dokter

  • Pengaruh rokok bagi penderita skizofrenia

  • siang dokter,sy mau tanya lg,suami sy kena skizo senin kmrin suami sy mau ikut konsultasi dgn dokternya,setelah berbincang dgn dokternya diputuskan  obatnya dganti mnjadi clozepin u sbln k dpn,yg ingin sy tanyakan gmn pengaruh u kesembuhannya jika saat ini dia masih merokok?berapa lama efek atau perubahan yg terjadi jika meminum obat ini.

    terimakasih atas jawabannya dokter.

     

     

    Hai,

    Skizofrenia merupakan gangguan jiwa yang ditandai oleh adanya waham dan halusinasi. Waham berarti suatu anggapan/kepercayaan yang tidak sesuai dengan nilai/normal budaya sekitarnya yang terus dipertahankan, misalnya ia betul-betul yakin bahwa dirinya adalah keturunan makhluk angkasa luar, atau yakin betul ada orang yang ingin mencelakai dirinya. Halusinasi berarti perasaan inderawi yang tidak ada objeknya, misalnya mendengar suara-suara padahal tidak ada yang berbicara.

    Diagnosis skizofrenia ditegakkan melalui wawancara klinis dan pemeriksaan fisik langsung oleh Dokter Spesialis Jiwa (Sp. KJ). Setelah diagnosis tegak, pengobatan umumnya akan melibatkan pemakaian obat anti-psikotik. Obat anti-psikotik ini ada banyak macamnya, salah satunya ialah clozapine.

    Pengobatan anti-psikotik umumnya akan memberikan efek perbaikan pada pasien dalam waktu beberapa hari, namun pada beberapa kasus psikotik (serangan gangguan jiwa), pengobatan mungkin memerlukan waktu hingga 1-2 bulan sebelum bisa terkontrol.

    Clozapine dapat berinteraksi dengan rokok, yaitu bahwa rokok dapat menurunkan kadar obat clozapine dalam darah -- menghentikan rokok secara tiba-tiba pun dapat mengakibatkan terjadinya lonjakan kadar obat clozapine dalam darah dan meningkatkan risiko toksisitas obat. Karena itu, penting bagi Anda untuk berkonsultasi kembali ke Dokter Spesiasis Jiwa terkait kebiasaan rokok tersebut. Kebiasaan rokok mungkin perlu secara perlahan dihentikan agar tidak mengganggu pengobatan skizofrenia.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma