Tanya Dokter

  • Pengaruh vaksin hepatitis B dalam berhubungan intim

  •  Citra10
    Anggota
    Dokter saya mau tanya, kemarin tgl 24 oktober saya cek anti hbsag hasilnya negatif, cek hbsag juga hasilnya negatif.. Tgl 1 nov pagi saya vaksin hbsag untuk pembentukan antibody, malamnya saya berhubungan dengan suami dok, apakah berpengaruh terhadap suami saya dok? Saya baru saja baca artikel katanya vaksin ini berisi virus yg dilemahkan, saya takut saat virus bereaksi membentuk antibodi dalam tubuh saya bisa menular ke suami dok.. Apakah memang harus ada jeda berhubungan setelah vaksin dok? Terimakasih
    Citra10  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Citra,

    Vaksin atau vaksinasi merupakan prosedur yang dilakukan agar mendapat kekebalan dan mencegah seseorang terkena penyakit tertentu. Kekebalan yang diberikan oleh vaksin tergolong sebagai kekebalan pasif, artinya vaksin tidak melawan penyakit tersebut secara langsung melainkan merangsang respon tubuh untuk pembentukan kekebalan.

    Walaupun kekebalan ini berasal dari virus/penyakit, Anda tidak perlu takut menulari virus tersebut karena virus didalam vaksin tersebut tidak dapat menimbulkan infeksi. Oleh karena hal inilah tidak terdapat anjuran mengenai hubungan seksual setelah dilakukan vaksinasi dan Anda dapat melakukan hubungan intim dengan pasangan Anda tanpa efek samping tertentu.

    Bila Anda masih merasa khawatir mengenai hal ini maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar mendapat penjelasan yang mendetail mengenai hal ini. Selain itu, dokter juga dapat melakukan vaksinasi terhadap suami Anda bila memang belum dilakukan.

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

    Manfaat vaksin hepatitis B

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono