Tanya Dokter

  • Pengen cepet kurus

  •  NatalieS
    Anggota

    Hi semuanyaaa...please share dong rahasia2 atau cara2 jitu kalian dalam menurunkan berat badan. Kakak ku merit dalam 4 bulan lagi dan gw pengen keliatan langsing singset...hahahha tolong share yah tips2nya...baik itu pola makan atopun olah raga yang bagus buat cepet bakar kalori! Thanx alll! :)

    NatalieS  vikawijaya
    Anggota

    Hi Natali! Nama gw Vika. Salam kenal yah. Gw jg lg nyari2 tips nih biar cepet kurus...sejaoh ini ada beberapa tips yg denger yang gw sekarang lagi coba... Makan buah sebaiknya jangan di atas jam 6 malam karna buah banyak mengandung gula terutama yang manis2 kayak anggur dan mangga...nah kita kan gak mau tuh pergi tidur pas gula dalam darah lagi tingi2nya gara2 makan buah manis2...karna kalo lsg tidur abis makan yg manis2, gulanya itu malah numpuk jd lemak...jd paling bagsu kalo makan buah manis2 itu pas pagi ato siang jadi gula dalam buah yg manis itu akirnya kebakar kalorinya... Kalo makan, banyakin porsi protein/daging nya drpd nasi..ktnya bisa tahan lapar lebih lama..trus nasinya kalo bisa nasi merah atau yg beras cokelat itu...nahan lapar jg lebih lama jadi kita gak ngerasa perlu snack2.. Skrg gw lg belajar yoga...baru 2x seminggu sih...and baru jalan 3minggu..sejaoh ini gw baru turun 1-1.5kg...gw maunya turun sekitar 8kg soalnya skrg benner2 lg gendut and gw ga tinggi2 banget... anyway smoga my tips help yah...smoga makin bnyk yg share tips untuk turunin berat badan! good luck! Vika  

    NatalieS  fitriagustina
    Anggota

    Hellow all! Gw Fitri.  Gw juga mau ikut gabung yah di forum ini..hehehe...gw udah turun 5 kg nih! tips gw simple...makanan yang kita pilih dan WAKTU kita makan itu menentukan 70-80% berat badan kita...sisanya itu ditentuin dengan seberapa aktif tubuh kita gerak alias olah raga! ok so dengan makanan, yg dibilang Vika tuh bennerrrr banget! protein tuh penting dalam bantu kita nahan rasa lapar...nah terus kita juga mesti pinter2 pilih karbohidrat yg kita makan...misalnya ni yah...disorodin nasi putih vs nasi merah..kalian pilih mana hayo? nah protein...milih ayam goreng apa ikan rebus hayo? sama2 protein dan karbohidrat kan?? nah piilih yg benner yahhhh...apa yang kita tanam itu yang kita tuai deh pokonya! Sayur jangan lupa! sikaat pokoknya kalo liat sayur...sayur bukan cuma bikin sehat tapi bikin BAB lancar berarti perutnya jd kecil hehehe trus sayur juga ampuh bikin kita tahan rasa lapar! nah trus apalagi yah... oh ya itu dia...jangan MAGER!!! alias malas gerak...get up and start exercising dooong...gym itu tempat paling gaul deh skrg..org yg aktif secara otomatis akan lebih sehat banding yg mager2...si alodokter kyknya ada deh nulis article ttg bagusnya olahraga...tar gw taro disini bair kita semua bs baca and tobat dan mulai olah raga yah hahaha ok deh buat skrg itu dulu yg gw bs share...kalo ada tips tentang makanan mana yg sehat2 bagi2 yah smuanya! bye!

    NatalieS  marina ayu
    Anggota

    Hi girls! nama gw ayu. Tips2 yg kalian share bagus2 and pasti bakal gw coba. Kalo boleh ikut nambah saran, katanya jam makan itu penting juga loh. kalo buat breakfast, makan nya boleh berat...jd misalnya sepiring nasi kuning gitu ktnya boleh...malah kalo makan paginya berat, sepanjang hari snack2 n cemilannya itu otomatis akan kurang karna rasa lapar itu ...ini gw juga rasain sendiri lo yah... trus mulai dr makan siang itu jgn terlalu berat...kurangi karbohidratnya...dan palign penting makan malem itu mesti paling ringan dibanding makan pagi dan siang... gw stuju dgn yg dibilang fitri...pada akhirnya kt mesti pinter2 pilih makanan nya dan kontrol diri kalo misalnya pengen makan yg berlemak2 ato goreng2an...

    NatalieS  Dr. Liyadi
    Anggota

    Dear Angota Forum Alodokter Perkenalkan nama saya Dr Liyadi. Pada dasarnya, naik turunnya berat badan seseorang tergantung pada formula berikut:

    • Kalori yang masuk - kalori yang keluar/dibakar
    Jika kalori yang masuk terus-menerus di atas nilai kalori yang dibakar oleh tubuh, maka berat badan akan naik. Dan sebaliknya, jika kalori yang dibakar melebihi asupan kalori, maka berat badan akan turun. Tingkat metabolisme tubuh seseorang menjelaskan seberapa cepat tubuhnya menggunakan asupan makanan dan minuman untuk dibakar dan diubah menjadi energy. Energy ini sendiri diukur dalam satuan kalori. Jadi, semakin tinggi tingkat metabolisme seseorang, semakin banyak kalori yang dibakar oleh tubuh. Berikut adalah faktor-fakrot utama yang berdampak pada metabolisme tubuh seseorang:
    1. Usia- metabolisme menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang; pada umunya, komposisi otot dalam tubuh orang yang lebih tua, lebih sedikit dibanding dengan orang yang berusia lebih muda.
    2. Jenis kelamin - karena komposisi otot tubuh laki-laki lebih banyak dibanding dengan tubuh wanita, maka tingkat metabolisme laki-laki juga lebih tinggi; ini alasan mengapa sering kali laki-laki lebih cepat menurunkan berat badan dibanding wanita.
    3. Pola tidur - sangat penting untuk seseorang mendapatkan tidur yang cukup; kurang tidur bisa membuat tubuh menjadi lebih lemas sehingga tingkat kinerja atau metabolisme tubuh pun menurun.
    4. Olahraga- dengan rajin berolahraga, seseorang dapat meningkatkan persentase otot dan juga tingkat metabolisme tubuhnya. Olahraga jenis kardio seperti berlari, bersepeda juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh pada saat itu juga.
    5. Nutrisi - Kekurangan nutrisi yang berkelanjutan dapat menurunkan tingkat metabolisme tubuh secara pesar. Maka itu, penting untuk memilih jenis makanan yang sehat dan berusaha untuk mengikuti jam makan yang teratur.
    6. Kesehatan kelenjar tiroid.
    7. Tingkat stres - ketika sedang tertekan atau stres, tubuh akan medeteksinya dan tingkat metabolisme tubuh pun menurun.
    8. Dehidrasi - asupan air yang cukup sangat penting untuk menjaga dan mempertahankan tingkat metabolisme yang baik.
    9. Komposisi atau persentase lemak dalam tubuh - semakin banyak lemak yang ada di dalam tubuh, semakin rendah tingkat metabolisme tubuh.
    Dengan mengerti akan peran faktor-faktor di atas, saya berharap Anda semua dapat mengatur asupan dan tingkat pembakaran kalori Anda lebih baik. Dengan demikian, berat badan yang lebih sehat pun bisa diraih. Salam sehat, Dr Liyadi Alodokter  

    NatalieS  novikusuma
    Anggota

    Hellow smua...saya mo bagi2 tips dan smoga membantu yah...pkknya yang saya bagiin disini saya uda praktekin smua deh... Kalau saya untuk mengurangi berat badan dengan cara olahraga dan mengurangi karbohidrat berlebih. Untuk makan, saya jaga perharinya. Saya selalu lihat berat kalori makanan yang saya konsumsi, apakah sesuai dengan normalnya. Untuk nurunin berat badan, biasanya saya batasi kira-kira 1200-1500 kalori, walau agak susah. Olahraga yang biasanya saya lakukan biasanya 15 menit, dengan berbagai gerakan dengan masing-masing 30 detik, sebanyak 3 lap. -    Melompat/ skipping selama 30 detik, guna membakar lemak dan kardio. -    Dilanjutkan dengan gerakan siap aba-aba dan lari ditempat, itu dilakukan selama 30 detik juga, dan ini juga untuk membakar lemak. -    Untuk bagian tangan, saya akan push up selama 30 detik. Gerakan ini untuk membentuk otot di bagian tangan. -    Setelah itu, leg raise selama 30 detik. Gerakannya adalah, anda terlentang, kedua tangan andalurus  di samping badan anda. Kaki anda naik ke atas tegak, lalu turunkan kembali tetapi harus tetap lurus. Ini guna membakar lemak perut bawah. -    Sit up 30 detik. Untuk membentuk otot perut atas. -    Plank, yaitu gerakan seperti anda sedang push up, hanya saja kedua tangan anda yang menopang. Badan telungkup lurus, diangkat oleh kedua tangan (siku hingga pergelangan) yang menopang badan selama 30 detik. Siku sejajar dengan bahu, dan kepala hingga kaki harus sejajar. Lemak bagian perut, paha, kaki, tangan akan terbakar. -    Squat selama 30 detik juga. Gerakannya seperti, saat anda bersiap untuk jongkok, tapi tidak jongkok sepenuhnya. Tekuk lutut anda kedepan, badan anda tetap harus tegak, tangan luruskan kedepan. Berjongkok lalu berdiri setengah jongkok dengan badan tetap harus tegak. Ini untuk membentuk otot paha skaligus membakar lemak di paha. -    Gerakan mengambil beban. Caranya: Berdiri tegak, kaki terbuka sejajar dengan bahu, lalu ambil barang seberat 5 kg yang sudah anda taruh di tengah2 jarak space kaki kita, angkat ke atas, taruh lagi, dan ulangi. Usahakan saat mengambil barang, badan tetap lurus. Lakukan 30 detik, dengan guna untuk membakar lemak perut, membentuk otot tangan. -    Pantulan bola basket. Nah, anda bisa memantulkan bola basket ke lantai lalu tangkap. Posisi tubuh, kedua kaki sejajar dengan bahu. Lakukan 30 detik. -    Gerakan mengambil barang dan melompat. Gerakannya seperti ini; badan berdiri tegak, kaki terbuka sejajar dengan bahu, lalu taruh kedua tangan ke bawah seolah-olah mengambil barang, berdiri lagi, lalu melompat. Lakukan 30 detik. Semua gerakan di atas dilakukan selama 30 detik dan setalah itu, diulang sebanyak 3 kali. Kalori kita bisa terbakar sekitar 250 bahkan lebih loooooh. Inget untuk jaga porsi makanan dan kalori yang dikonsumsi yaaa. Perhatiin kadar nutrisi makanan yang di beli disetiap kemasan. =D

    NatalieS  oca arum
    Anggota

    Wah seru banget neh,,tp aku bingung kenapa ya badanku itu slalu ngk stabil,aku cepet banget gemuk tapi untuk kurus juga cepet,sebel jadinya harus diet terus menerus..

    NatalieS  Dr. Liyadi
    Anggota

    Dear teman-teman forum Alodokter Ini ada artikel seputar kalori. Saya yakin bisa membantu Anda lebih lagi dalam mendapatkan berat badan yang sehat. http://www.alodokter.com/Kalori-Kunci-Berat-Badan-Sehat Salam sehat, Dr Liyadi  

    NatalieS  Fendi MK
    Anggota

    Nah, kalo kalian pada mbahas cara nurunin berat badan, terus bagaimana dong cara sehat untuk meningkatkan berat badan ? thx

    Dr. Liyadi, Saya cilla, saya mau konsul sedikit. Saya rutin olahraga lari sore menjelang malam sih, dan pagi saya naik sepeda ke kantor.  Nafsu makan saya ga terlalu "menggebu-gebu" kalau saya olahraga, tapi masalahnya sudah sekitar dua bulan lebih saya ga gerak karena kaki cidera dan belum bisa jalan lancar dan ga bisa jalan jauh sampai sekarang (harus jalan diseret tepatnya) dan nafsu makan saya sekarang ga terkontrol dan hasilnya ya jeans saya cuma bisa sampe paha aja. :))) What should I do, Doc? Kalau sekitar tiap 3 jam saya ga makan, kepala pening, perut perih, mual dan muntah.  Ada saran, Dok? Terima kasih, Cilla

    NatalieS  fitriagustina
    Anggota

    @Priscillia Emang kalo olahraga bikin nafsu makan jadi naik yah??? wah gw jadi takut dengernya.. Tp pas kamu olah raga dan makan bnyk itu berat badan lu ga naik kan? Smoga cepet sembuh yah cederanya..

    NatalieS  NatalieS
    Anggota

    hey guys. gua kadang juga kalo olahraga makannya malah jadi banyak. tp biar gimana pun kalo ada olahraga rasanya itu lebih sehat dan bersih aja badannya. trus kalo olahraga and makan bnykpun berat badan tetep lebih terkontrol dibanding gak olahraga sama sekali.  

    NatalieS  Dr. Liyadi
    Anggota

    Dear Anggota Forum Alodokter Sama seperti saat kita mau membangun suatu kebiasaan baru atau sedang mencoba menghilangkan kebiasaan lama, mengubah tingkat metabolisme tubuh juga memerlukan waktu. Seseorang yang ingin meningkatkan metabolisme tubuhnya dengan berolahraga, akan merasa berat pada awalnya karena tubuh memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri. Setelah 2-3 minggu rutin berolahraga, fitness tubuh akan meningkat sehingga untuk berolahraga tidak lagi dilihat sebagai beban melainkan hal yang menyenangkan. Sedangkan untuk menurunkan metabolisme tubuh, dari rutin berolahraga menjadi tidak sama sekali, jauh lebih gampang karena metabolisme tubuh tidak dinaikkan tetapi diturunkan. Hal ini sama seperti mendaki gunung; perjalanan ke atas pasti selalu lebih susah daripada perjalanan turunnya. Anda bisa membaca post saya sebelumnya mengenai cara mengatur tingkat metabolisme tubuh. Disiplin memang diperlukan untuk pola hidup sehat; tetapi ingatlah bahwa di dalam kedisiplinan ini, Anda memberikan freedom atau kebebasan bagi tubuh Anda satu-satunya dari segala macam penyakit. Dr Liyadi Alodokter  

    @Fitria emm.. kurang tepat. Justru aku kalau olahraga, nafsu makan malah terkendali sangat baik, berat badan stabil, bawa badan juga enak, ga ngantuk, ga cepet capek. Jadi aku setuju sama Natalie. Cuma pas ga olahraga ini, berat badan jadi.. kayanya sih naik  hihi.. @Dr. Liyadi Thank you, Doc. Got the point.

    NatalieS  Romi69
    Anggota
    Dok setelah saya membaca artikel anda(http://www.alodokter.com/kalori-kunci-berat-badan-sehat) sangat menarik, namun saat ini saya masih penasaran berapa sih jumlah kebutuhan kalori perhari saya sudah di jelaskan di atikel tersebut bahwa kebutuhan kalori perhari setiap org berbeda². Untuk bagaimana cara menghitung(rumus) kebutuhan kalori seseorang(saya)? Tb(tinggi badan)=170cm bd(beratbadan)=90kg, dan tingkat keaktivitasan saya palingam bantu ortu jualan(kebanyakan duduknya 😁😁