Tanya Dokter

  • pengertian hasil pemeriksaan teroit

  •  Mia Octariani
    Anggota

    Haloo dok. ini saya mau bertanya dok.ibu saya umur 40 tahun.udah sakit kepala hampir 2 tahun dan dua bulan blakangan ini rasa sakit kepala nya semakin parah dok ibu saya merasakan tegang di leher ,kepalanya terasa panas seperti radang gitu dok.tapi aktifitas tetap bisa .bulan kemarin ibu saya konsultasi ke dokter .dokter menganjurkan untuk di PA karnah mungkin sakit kepala itu di sebab kan benjolan di leher tersebut dok. dan hasil PA nya kesan:sitologi mengesankan limfadenitis kronis non-spesifik dengan reakrif hiperplasia pada kelenjar getah bening regio colli dextra. Dkter tdk mnjelaskan dok.jadi kalau boleh saya mau tanya kesan dari hasil PA tadi apa ya dok terimakasih dok.

    Hello, Kesan limfadenitis kronis non-spesifik dengan reaksi reaktif hyperplasia pada kelenjar getah bening region colli dextra memiliki pengertian terjadinya reaksi peradangan yang menyertai penambahan jumlah sel kelenjar getah bening pada region leher sebelah kanan yang penyebabnya belum dapat ditentukan secara spesifik. Dengan kata lain, dokter masih memerlukan beberapa pemeriksaan fisik dan atau beberapa pemeriksaan penunjang lain untuk mendeteksi penyebabnya secara lebih detail. Hal-hal yang dapat menyebabkan peradangan kelenjar getah bening leher kronik atau kemungkinan yang dapat menyebabkan pembengkakan yang dialami ibu Anda, antara lain:

    1. Atopik eksim
    2. HIV
    3. Bartonella disease
    4. Toxoplasmosis
    5. Infeksi mononucleosis
    6. Lupus eritromatosus
    7. Juvenille chronic arthritis
    8. Limfoma
    9. Leukemia
    10. dan lainnya
    Dengan melakukan control kepada dokter secara teratur dapat meningkatkan kemungkinan pendeteksian penyebab lebih tepat dan cepat. Pengobatan dan penanganan akan dilakukan setelah dokter mendapatkan penyebabnya. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter yang memeriksa ibu Anda. Berikut adalah laman yang membahas mengenai pembengkakan kelenjar getah bening secara umum: http://www.alodokter.com/pembengkakan-kelenjar-getah-bening/ Sumber lain: www.rch.org.au Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean