Tanya Dokter

  • Tips meningkatkan berat badan

  • Dok obat penggemuk badan yg aman tanpa ada efek samping'y apa yah sy udah coba kianpi bagus sih badan sy nambah gemuk cuma efek'y di punggung&muka tumbuh jerawat

    Halo Muhammad, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Memiliki berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat memang merupakan dambaan bagi setiap orang. Sayangnya tidak jarang yang mencoba proses yang instan untuk mendapatkan berat badan ideal tersebut, salah satunya yakni dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu tanpa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya. Pil penggemuk badan dapat beresiko menyebabkan efek samping, dari gangguan hormonal, ginjal, dan liver (tergantung dari kandungan pil tersebut). Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dalam menggunakan obat herbal tertentu, terutama jika obat tersebut tidak terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

    Dibandingkan meningkatkan berat badan menggunakan obat, terdapat banyak cara lainnya yang lebih aman ditempuh. Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa Muhammad lakukan, yakni:

    • Berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Anda. Hal ini untuk mengevaluasi apakah terdapat masalah medis tertentu (seperti hipertiroid, gangguan pencernaan dan penyerapan, kanker, tuberkulosis, dll) yang mungkin menyebabkan berat badan Anda sulit untuk meningkat
    • Ganti semua makanan dengan tipe makanan yang memiliki kalori tinggi, contohnya seperti roti yang tinggi kalori, pilih roti yang mengandung mentega (seperti bagels) dibandingkan roti biasa, masukkan ikan yang berlemak seperti salmon, dan tinggalkan produk yang memiliki label "diet" atau "rendah kalori"
    • Konsumsi makanan penutup yang banyak nutrisi, seperti frozen yogurt, biskuit oatmeal, dll
    • Terapkan waktu makan yang teratur dan lebih sering, setidaknya 3 kali makanan per hari dengan snack/cemilan diantaranya. Akan lebih baik jika Anda makan setiap 3 jam atau hingga 5-6 kali sehari dalam porsi kecil dibandingkan makan porsi besar namun jarang
    • Pilih makanan yang sedikit jumlahnya tapi tinggi kalori, seperti kacang-kacangan, selai kacang, buah yang dikeringkan, atau buah-buahan segar lain, sayur-sayuran, sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, daging ayam tanpa kulit
    • Buat sendiri camilan Anda dan minumlah, Anda bisa mengganti air dengan minuman yang tinggi kalori, seperti jus buah atau smoothies (tambahkan susu atau yogurt vanilla di dalamnya)
    • Istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur
    • Kelola stres

     

    Artikel mengenai menambah berat badan menjadi ideal dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L