Tanya Dokter

  • Penggunaan Acyclovir untuk herpes genital

  •  andri90
    Anggota

    Selamat Malam. Saya mau menanyakan penggunaan acyclovir untuk herpes genital. Apakah acyclovir di konsumsi pada saat terjadi luka saja?? Kondisi yang saya alami sekarang ini, tidak ada luka, tapi rasa gatal pada penis dan rasa gatal ini lebih terasa pada malam hari. Berapa lama harus konsumsi Acyclovir?? Apakah dikonsumsi secara rutin hingga bintil" seperti jerawat itu hilang?? Mohon informasinya, dan terima kasih.

    Halo,   Pengobatan herpes simplek dengan acyclovir adalah pemberian awal dosis yang disarankan adalah 200 mg sebanyak 5 kali sehari selama 10 hari sejak awal penyakit terdiagnosa atau 400 mg ,5 kali sehari selama 7-10 hari pada kasus gangguan imun, sering kambuh , memiliki kelainan absorbsi usus dll. Pemberian obat antivirus sebaiknya Anda lakukan atas saran dokter setelah pemeriksaan terhadap keluhan Anda dilakukan. Dengan begitu dokter bisa menentukan besaran dosis dan lama dosis dengan telat dan sesuai dengan kondisi Anda. Baca artikel mengenai Acyclovir dan Herpes simplek. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    andri90  andri90
    Anggota

    Terima Kasih atas informasinya dok. Ada yang mau saya tanyakan lagi, jika sudah mengkonsumsi selama 10 hari dengan dosis 5 x 1 200mg, apakah pengobatan selesai?? Atau pada saat luka terbuka, maka acyclovir di konsumsi lagi dengan dosis yang sama?? Untuk acyclovir cream, jika digunakan sehari", apakah ada efek sampingnya dok??