Tanya Dokter

  • Penggunaan bantal

  •  Echa
    Anggota

    Halo Dok..

    Saya mau tanya, apa ada efek dari penggunaan bantal bagi tiap-tiap orang?

    Maksud saya, misal orang yang berbadan kurus dan berbadan gemuk ada anjuran kah untuk menggunakan bantal yang tinggi atau rendah?

    Dan apakah jika salah menggunakan bantal juga dapat menyebabkan sakit kepala? Karena mama saya bilang "makanya jangan pakai bantal yang tinggi" karena saya sering sakit kepala.

    Mohon penjelasannya Dokter, terimakasih :)

    Hai Echa Penggunaan bantal yang terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan pegal pada otot leher akibat otot leher yang terus menerus menekuk atau tegang. Pada penurunan kualitas tidur akibat tidak nyaman dapat menyebabkan kelelahan sehingga lebih mudah terjadi pusing dan pegal. Posisi terbaik saat tidur adalah belakang kepala dan punggung bagian atas berada pada level yang sama. Pada beberapa studi mengatakan tidur tanpa bantal berada pada posisi ini, sehingga tidak terjadi ketegangan pada otot leher dan punggung, meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki posisi tulang punggung. Namun ini sangat bervariasi tergantung dari postur dan ukuran tubuh, dan bentuk kepala yang dapat berbeda pada setiap orang, sehingga terkadang tetap diperlukan bantal namun tidak terlalu keras atau terlalu empuk agar dapat menopang kepala sejajar dengan punggung bagian atas. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william    

    Echa  Echa
    Anggota

    Sangat membantu sekali, Dok. Terimakasih :)

    hai dok saya mau bertanya, sya kan skrng sdng typus ringan sebaiknya makan obat sja / di opname?