Tanya Dokter

  • penggunaan kaca mata

  •  Mega Indah
    Anggota

    selamat siang. saya mega, 22tahun.

    belum lama saya mendatangi dokter mata, dan didapati mata kanan -3.00 dan mata kiri -1.00. saya diberi pilihan mau menggunakan kaca mata atau tidak, dan saya mengiyakan. tapi kemudian saya agak ragu untuk menggunakan kaca mata. yang awalnya saya masih bisa melihat jelas tanpa kaca mata, tiba2 jadi buram setelah melepas kaca mata.

    apakah kaca mata dibuat untuk dipakai secara terus menerus/permanen?

    Halo Mega....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke gangguan kesehatan mata yang biasanya disebut sebagai rabun jauh dan dalam bahasa medis disebut sebagai miopia. Langkah penanganan pada rabun jauh yang paling sederhana dan terjangkau adalah dengan menggunakan kacamata. Penggunaan kacamata pun tergantung dari kenyamanan penderita miopia. Kacamata dapat tidak dipakai selama penderitanya merasa nyaman dalam melihat. Selain dari kacamata, penanganan miopia sendiri diantaranya adalah :

    • Operasi dengan sinar laser
    • Implantasi lensa buatan
    • Lensa kontak
    • dll.
    Cegahlah perkembangan miopia dengan cara : lindungi mata terpapar sinar matahari, kalau bisa gunakan kacamata hitam saat bepergian pada siang hari, gunakan kacamata dengan ukuran yang tepat, makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu ( khususnya yang kaya vitamin A ). Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : MIOPIA Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati