Tanya Dokter

  • penggunaan kb suntik

  •  MissD
    Anggota

    Penggunaan KB Suntik

    Halo dok, saya wanita berusia 25..

    Sudah 2 bulan ini saya mengkonsumsi Pil KB, Saya berpikir untuk beralih ke KB suntik.

    Yang saya ingin tanyakan adalah: 1. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk beralih dari penggunaan pil KB ke KB suntik?

    2. Saat ini saya masih mengkonsumsi pil KB, apakah bisa jika saya tiba-tiba langsung berhenti menggunakan pil kb dan langsung beralih ke KB suntik? Apakah ada dampak negatifnya?

    3. Apakah KB suntik aman digunakan untuk wanita yang belum pernah hamil? Jika nanti ingin berhenti kb suntik apakah bisa langsung hamil?

    Terima kasih

    Hai Bila Anda ingin beralih dari pil Kb ke suntik, Anda dapat langsung menghentikannya dan langsung melakukan KB suntik, namun sebaiknya selama 7 hari setelah suntik, Anda berhubungan dengan metode kontasepsi lain seperti kondom terlebih dahulu untuk memastikan efek kontrasepsi dari Kb suntik tersebut telah efektif. Beberapa efek yang mungkin timbul adalah menstruasi tiba-tiba berupa bercak atau perdarahan yang banyak, namun ini tidak selalu terjadi tergantung dari faktor individu. Ini disebabkan ketidakseimbangan hormon sementara tubuh akibat efek hormon dari KB. Suntik KB terdiri dari 1 bulan dan 3 bulan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terutama yang berhubungan dengan kehamilan, pada penyuntikan KB 3 bulan apalagi dalam jangka waktu lama maka biasanya tidak terjadi menstruasi sama sekali dalam jangka waktu lama bahkan setelah KB dihentikan sehingga pada penyuntikan KB 3 bulan kembalinya masa subur cukup lama dibandingkan dengan KB suntik 1 bulan yang lebih cepat. Semakin lama jangka waktu penyuntikan maka kembalinya masa subur dan menstruasi akan semakin lama juga. Sebaiknya bila Anda menggunakan KB suntik 3 bulan dan berencana memiliki keturunan, Anda menghentikan Kb tersebut dari beberapa bulan sebelumnya. Informasi lengkap mengenai topik diatas, tim alodokter.com telah mengulasnya untuk Anda dan dapat dibaca pada artikel berikut ini: Menimbang kelebihan dan kekurangan suntik KB. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william