Tanya Dokter

  • Penggunaan obat tetes telinga yang tepat

  •  Laboni
    Anggota
    Selamat pagi dok. Bapa saya sakit otalgia akut di bagian kanan. Nah obat tetes otilon ini apa harus ditetes langsung pada bagian telinga yg sakit (telinga kanan) atau ditetes melalui telinga bagian kiri ? Terimakasih dok.

    Halo Laboni,

    pertama-tama, apakah sebelumnya ayah anda sudah diperiksakan ke dokter dan mendapat obat otilon dari dokter? Jika belum dilakukan, sebaiknya hindari pemberian obat tanpa indikasi diagnosa dan anjuran dari dokter karena tidak semua penyakit telinga dapat diobati dengan obat tetes telinga. Otilon mengandung beberapa jenis obat yaitu antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri, kortikosteroid untuk mengurangi radang, dan anti-nyeri. Obat ini diindikasikan untuk peradangan telinga bagian luar. Apabila memiliki alergi terhadap obat golongan penisilin (suatu jenis antibiotik) tidak dianjurkan menggunakan obat ini.

    Jika memang mendapat obat tersebut dari dokter, teteskan obat di sisi telinga yang memiliki keluhan dengan dosis sesuai yang disarankan oleh dokter. Kocok obat tetes telinga terlebih dahulu, dan saat meneteskan obat jangan sampai ujung pipet/botol terkena bagian telinga karena dapat menyebarkan infeksi. Miringkan telinga untuk beberapa saat dan jangan dibilas untuk beberapa jam ke depan agar obat dapat terserap dengan baik. Simpan obat tetes telinga di suhu setara suhu ruangan (hindari paparan langsung terhadap sinar matahari).

    Anda dapat membaca artikel terkait: antisipasi sebelum menggunakan obat tetes telinganyeri telinga

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira