Tanya Dokter

  • Penggunaan obat penguat kandungan

  • Selamat siang Dok. Saya wanita berusia 24 tahun, sudah tespack hamil positif tapi di usg baru ada titik hitam. Kemudian diberi penguat kandungan sama dokter padahal ngga terjadi flek atau apapun dengan kehamilan saya,wlwpn memang sehari-hari saya mengendarai sepeda motor untuk aktifitas. Perlukah saya minum penguat janin itu? Bila harus minum sampe berapa lama saya harus meminumnya? Terima kasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

    Paqda dasarnya pada kehamilan normal yang sehat dan tidak ada riwayat keguguran berulang tidak ada indikasi yang mengharuskan digunakannya penguat kandungan.

    Penguat kandungan lazim digunakan pada :

    • ancaman keguguran, misalnya terjadi perdarahan / flek pada kehamilan awal
    • adanya riwayat keguguran berulang

    Bagaimanapun, dalam setting suatu ancaman keguguran saja sebenarnya penguat kandungan hanyalah suatu adjunctive / terapi tambahan karena terapi utama yang paling penting justru adalah bed rest.

    Jika memang ada suatu ancaman keguguran / perdarahan jalan lahir yang mengindikasikan adanya suatu ancaman keguguran maka penguat kandungan dapat diberikan hingga perdarahan tersebut berhentu, tetapi jika tidak pada dasarnya tidak ada indikasi yang kuat untuk itu.

    Jika Anda ragu Anda dapat menemui dokter berbeda untuk mendapatkan pendapat kedua, atau menemui dokter Anda kembai untuk menanyakan alasan pemberian penguat kandungan tersebut karena mungkin dokter Anda memiliki pertimbangan tertentu sehingga memberikan penguat kandungan itu

    diskusi lain mengenai penguat kandungan

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

     

    dr. Lili