Tanya Dokter

  • cara menggunakan pil KB yang aman

  •  meykha
    Anggota

    hai dok.. saya seorg istri 24 th. saya sedang menunda kehamilan. saya berhubungan intim di hari pertama haid dengan meminum pil kb. apakah yg saya lakukan ini aman dok, apakah saya harus minum pil dgn tablet yg baru. saya minum pil yg isi 21pil tp blum habis. terimakasih atas jawabannya dok.

    Hello,   Jika Anda rutin meminum pil KB secara teratur tanpa interupsi dan dalam jam yang sama setiap harinya maka kemungkinan Anda untuk hamil akan sangat kecil. Apalagi Anda berhubungan saat hari pertama Haid dimana belum terjadi pengeluaran sel telur. Selain itu Anda juga meminum pil KB yang 21 pil dimana kesemuanya adalah pil hormon dan biasanya cara meminum pil KB 21 pil adalah setelah pil KB habis diberi jeda 1 minggu (7 hari) tanpa pil untuk mendapatkan haid secara normal. Anda tidak perlu meminum pil yang baru tapi bisa meneruskan pil lama dan baru menggantinya setelah habis. Meminum pil KB dengan cara yang tepat maksudnya adalah :

    1. Meminum pil di jam yang sama setiap hari tanpa lupa/ interupsi
    2. Mengikuti aturan cara minum pil yaitu langsung segera mengganti pil dengan yang baru setelah pil lama habis.
    Efektivitas pil KB cukup tinggi dalam mencegah kehamilan jika Anda menggunakannya dengan tepat. Namun jika And merasa khawatir, Anda bisa mengganti kontrasepsi Anda dengan yang lebih mantap. Baca artikel memilih kontrasepsi di SINI Baca artikel mengenai efek samping pil KB di SINI   Semoga membantu.   dr. Yusi

    meykha  meykha
    Anggota

    terimakasih dok.. sekarang adalah hari kedua saya haid tapi haid saya tidak lancar. apakah itu karna hari perama haid saya berhubungan intim dan saya minum pil kb. apakah saya masih perlu minum pil secara rutin saat haid. karna saya pernah membCa artikel bahwa sperma laki laki bisa hidup di rahim selama 3~7 hari. terimakasih atas jawabannya dok.

    Halo,   Ya, efek haid Anda menjadi tidak lancar bisa disebabkan karena pil KB yang Anda  konsumsi. Jika Anda meminum pil KB 21 pil , maka Anda tidak perlu meminum pil KB disaat Anda haid, Anda bisa menstop pil KB selama 5 hari sesudah pil Kb 21 pil habis (dan Anda sedang haid) sebelum Anda memulai pil KB yang baru. Sperma memang bisa bertahan hidup selama 3-5 hari dalam rahim jika kondisi sperma tersebut sehat. dr. Yusi