Tanya Dokter

  • penggunaan pil KB yang benar

  • Haii dok,, Saya baru 3 hari minum pil KB andalan untuk ibu menyusui,tetapi saya sudah melakukan hubungan suami istri,apakah itu dapat menyebabkan kehamilan dok,,karna saya takut kebobolan dok.. Mohon jawabnya dok trimakasih

    Halo,   Untuk mendapatkan efektifitas tinggi mencegah kehamilan dari pil KB maka pada pengguna pil KB pertama kali disarankan untuk melakukan hubungan intim 2 minggu paska minum pil KB atau menambahkan metode kontrasepsi lain non hormonal (kondom, diafragma dll) jika ingin berhubungan intim sebelum 2 minggu meminum pil. Baca topik Pil KB dan kemungkinan hamil. Dengan kondisi Anda maka kehamilan bisa terjadi, namun perlu diperhatikan juga hal lain misal :

    1. Waktu mulai minum pil KB, jika Anda meminum pil KB saat menstruasi maka seharusnya saat melakukan hubungan intim Anda belum memasuki masa subur sehingga kemungkinan terjadi kehamilan lebih kecil.
    2. Apakah Anda berhubungan saat masa subur, jika Anda berhubungan saat masa subur maka kemungkinan hamil sedang mengingat Anda baru minum pil KB.
    3. Pola menyusui, pada beberapa kasus menyusui bayi bisa membantu mencegah kehamilan karena efek hormonal tubuh ibu. Walaupun tingkat kegagalan cukup tinggi namun metode kontrasepsi ini bisa digunakan.
    Jadi kehamilan pada kondisi Anda bisa terjadi namun kecil. Untuk keamanan lebih baik tunggu  2 minggu setelah minum pil KB. Untuk memastikan Anda hamil atau tidak maka penggunaan testpack bisa dilakukan jika terjadi keterlambatan haid. Baca topik Cara minum pil KB Semoga bermanfaat.   dr. Yusi