Tanya Dokter

  • Penggunaan produk kencantikan yang mengandung paraben

  •  Nanda Isnaeni
    Anggota

    Dok saya mau tanya sayang punya kulit yang berjerawat dan saya membel produk korea Nature Republic Aloe Vera 92% , dan kalau saya tidak salah itu mengandung paraben, menurut dokter bagaimana ya?

    Kosmetik dengan paraben sudah banyak kita temui dipasar, namun kemungkinan kosmetik ini tidak terdaftar di BPOM, Karena BPOM sudah membatasi kadarnya dan beberapa turunan paraben sudah dilarang  di dalam kandungan kosmetik. 

    Selain itu, penggunaan paraben sangat luas salah satunya pada bidang  farmasi dan kosmetik. Namun, paraben beserta turunannya beresiko terhadap kesehatan kita:

     

    1. gangguan hormon

     

    2. kanker kulit

     

    3. resiko peningkatan terhadap kanker payudara

     

    4. gangguan reproduksi

     

    Dengan demikian, sebaiknya Anda menggunakan  alternatif lain selain kosmetik dengan bahan berbahaya yang dibatasi atau dilaraang BPOM. Banyak kosmetik yang berkualitas, aman , sertya mengandung bahan aman yang terdaftar di BPOM. Kita tidak perlu beresiko dengan kosmetik dengan bahan berbahaya, walaupun teman, saudara kita menggunakannya. Kemungkinan mereka menggunakan karena tidak mengetahui efek jangka panjangnya.

    Sehingga bila Anda mempunyai keluhan terhadap kesehatan kulit, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk pemeriksaan dan evaluasi. Dokter akan melakukanpemeriksaan untuk memastikan penyebabnya atau memberikan masukan cara perawatan kulit yang baik. 

    Beberapa hal yang Anda inginkan terhadap kesehatan dan perawatan kulit, dapat Anda diskusikan dengan dokter kulit Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga  paraben.

    dr. Ulfi