Tanya Dokter

  • Penggunaan sunscreen

  •  eyfrelsky
    Anggota
    Hallo dok, saya pengguna baru sunscreen baru 3 hari pemakaian kulit saya kok malah tambah gelap ya dok tambah komedoan, berjerawat dan berminyak juga. Saya menggunakan sunscreen spf 30 dgn pa++ apakah saya harus stop pemakaian? Lalu bagaimana caranya memilih sunscreen agar cocok dgn kulit? Terima kasih sebelumnya

    Halo. Sunscreen, atau tabir surya, adalah lotion yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Lotion sunscreen masuk ke dalam kulit dan akan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit Anda. Namun, tetap akan ada sebagian sinar matahari yang terserap oleh tubuh. Tekstur sunscreen lebih tipis dan akan terlihat tidak kasat mata saat diaplikasikan. Seringkali masih kerap dijumpai warna kulit berubah menjadi lebih gelap meskipun telah menggunakan sunscreenTapi pada sebagian orang kejadian ini normal terjadi. Hal ini dapat disebabkan oleh :

    • Tata cara pemakaian sunscreen yang kurang tepat. Sunscreen sebaiknya diulang penggunaanya dalam dua sampai tiga jam setelah pemakaian pertama. Hal itu disebabkan tabir surya yang telah dioleskan akan mudah hilang ketika terkena keringat selama beraktivitas. Untuk itu, perlu diulang pemakaiannya, minimal pada pagi, siang, dan sore hari.
    • Tidak cocok dalam memilih sunscreen. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Apabila kulit kering, maka direkomendasikan sunscreen berbentuk krim, salep, atau lotion. Dengan tekstur yang lembut akan lebih membantu melembapkan kulit agar tidak terlihat kusam. Untuk kulit berminyak alangkah lebih memilih tabir surya dengan formula oil-free, hal itu menghindari kulit semakin tampak berminyak. Lain halnya dengan jenis kulit yang banyak bulunya, maka sunscreen yang cocok adalah yang berbentuk gel atau spray. Tujuannya agar tidak menempel pada bulu halus. Jika warna kulit cenderung gelap, pakailah sunscreen dengan SPF rendah . Pada kulit jenis ini,  harus lebih sering mengoleskan sunscreen agar kulit tidak semakin gelap. Namun apabila jenis kulit termasuk dalam kategori kulit yang mudah alergi dan berjerawat, maka sangat dianjurkan menghindari sunscreen dengan aroma wangi dan mengandung pengawet. Pilihan terbaik untuk kulit berjerawat adalah memilih sunscreen dengan bentuk gel yang mengandung alkohol sehingga dengan tekstur yang ringan tidak akan memperparah jerawat.

    SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberi tahu Anda sebaik apa produk tersebut dalam melindungi kulit Anda dari sengatan matahari. Angka SPF adalah penentu seberapa lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Pada dasarnya SPF adalah perkiraan daya tahan tabir surya dalam melindungi kulit dari terjangan sinar matahari. Sebenarnya, pilihan SPF 30 pun sudah bisa membuat sinar matahari tak menembus kulit. Oleskan sunscreen 30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari untuk mendapat hasil yang baik. Apabila bahan yang digunakan membuat kulit Anda iritasi (gatal, nyeri, kemerahan) sebaiknya hentikan pemakian produk. Jika Anda masih ragu dengan penggunaan bahan untuk kulit wajah Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar didapatkan hasil yang maksimal.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S