Tanya Dokter

  • Menghilangkan minyak dan komedo wajah

  • Saya punya komedo putih dan hitam,minyak pada hidung dan pipi , jerawat hanya pada dahi , terus pori" pipi kelihatan jls , sedangkan saya penari , jd obat apa yg bs mngatasi dok trs cara mencet hidung buat ngilangin minyak blh apa tdk dok?

    Hai, Komedo dan jerawat terbentuk akibat produksi minyak (sebum) yang berlebihan dan penumpukan sel kulit mati sehingga menyumbat pori-pori kulit. Ditambah dengan infeksi bakteri P.acne, akhirnya terbentuklah komedo dan jerawat. Komedo ada yang berwarna putih karena tertutup kulit, dan ada pula yang berwarna hitam karena terbuka. Untuk menghilangkan komedo dan jerawat dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

    • Obat topikal/krim, yaitu yang mengandung benzoil peroksida, salicylic acid, derivat vitamin A, dan sebagainya. Beberapa jenis golongan derivat vitamin A juga dapat membantu menyamarkan pori-pori kulit yang besar. Konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan yang tepat.
    • Chemical peeling (pengolesan cairan kimia khusus untuk mengelupaskan kulit wajah) dengan TCA (tricholoasetat) dan salicylic acid efektif dalam mengatasi masalah jerawat
    • Ekstraksi komedo, yaitu metode untuk mengeluarkan komedo dengan alat khusus (ekstraktor komedo)
    • Fototerapi, yaitu metode penyinaran dengan panjang gelombang tertentu untuk membunuh bakteri dan mengurangi produksi minyak pada kulit
    • Laser fractional, yaitu penembakan dengan sinar laser untuk mengatasi jerawat. Metode ini dapat sekaligus mengecilkan pori-pori kulit yang besar dan bekas jerawat/bopeng pada kulit.
    Tidak dianjurkan untuk menghilangkan minyak dengan cara memencet hidung, karena trauma pada kulit justru merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak. Untuk menghilangkan kelebihan minyak di wajah sebaiknya Anda cukup menggunakan kertas minyak. Cara penggunaannya pun cukup ditekan-tekan pada bagian wajah yang berminyak (jangan digosok) hingga minyak menempel pada kertas minyak. Ulangi beberapa kali hingga kelebihan minyak pada wajah dapat terangkat. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:
    • Bersihkan wajah secara teratur 2 kali sehari dengan sabun pembersih wajah dan air hangat kuku
    • Pilih jenis pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit agar sisa minyak dan kotoran dapat terangkat dengan baik. Bila jenis kulit Anda termasuk tipe kulit berminyak, gunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid, beta hydroxy acid, atau glycolic acid untuk membantu mengangkat kelebihan minyak dengan efektif.
    • Gunakan pelembab yang berbahan dasar air (water based)
    • Pilih jenis kosmetik yang mengandung formula bebas minyak (oil-free) dan tidak menimbulkan komedo (non-comedogenic)
    • Biasakan membersihkan sisa kosmetik hingga bersih, misalnya setelah pentas tari (yang umumnya menggunakan kosmetik tebal) terutama sebelum tidur.
    • Cara membersihkan kosmetik yang benar adalah diawali dengan menggunakan susu pembersih untuk membersihkan sisa kotoran dan minyak pada wajah. Lakukan dengan gerakan memutar perlahan hingga seluruh area wajah, kemudian seka dengan washlap yang basah dan hangat hingga bersih. Selanjutnya oleskan toner untuk menenangkan kulit, dan akhiri dengan mencuci muka dengan sabun pembersih seperti biasa.
    • Makan banyak buah dan sayur untuk mencukupi nutrisi kulit
    • Minum air putih minimal 10 gelas sehari untuk menjaga hidrasi kulit
    • Cukup tidur dan mengelola stres secara bijak akan membantu menjaga kesehatan dan kesegaran kulit
    Jika keluhan yang dialami tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit di kota Anda. Dokter akan menganalisis kondisi kulit Anda dan masalah yang dialami, serta menentukan penanganan yang tepat sesuai kebutuhan. Berikut laman artikel yang dapat berguna bagi Anda: Jerawat Preferensi tepat menghilangkan jerawat Komedo Menghilangkan komedo yang mengganggu penampilan Solusi wajah bebas minyak Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman