Tanya Dokter

  • Pengobatan alami batu empedu

  • Siang dok . Mama saya 2 minggu lalu merasakan perut kembung dan agak sakit dibagian perut bawah kanan . Lalu di usg, hasil nya usus buntu dan ada lumpur di empedu. Hasil usg menyebutkan cholesistitis dgn sludge prominent 4×1.5×2 cm arti nya apa ya dok ? Seminggu lalu mama saya sudah oeprasi usus buntu laparoskopik. Dokter bedah menyarankan untuk coba minum obat dulu. Dokter internist memberikan urdafalk 250 mg . Bagaimana menurut dokter?jika obat tdk efektif adakah penangan yg tidak perlu membuang kantung empedu? Apakah tindakan ERCP mungkin dilakukan ? Apakah ada makanan/buah /sayuran yg bisa membantu pemecahan batu empedu. Saya baca artikel beberapa menyatakan daun sirsak dan temulawak bisa untuk batu empedu.terima kasih dok .salam

    Halo Audina, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Prevalensi atau angka kejadian batu empedu cukup banyak di Indonesia. Penyebab dari batu empedu itu sendiri terbagi atas adanya infeksi pada saluran empedu atau kantung empedu atau adanya penumpukan dari kolesterol. Cholecystitis itu sendiri adalah istilah medis dari adanya peradangan pada saluran empedu. Peradangan saluran empedu ini paling sering disebabkan karena adanya batu empedu. Dan kandung empedu yang terlihat sludge atau lumpur. Lumpr empedu yang dimaksud adalah adanya timbunan dari zat yang dalam beberapa waktu ke depan dan mengkristal dan dapat membentuk batu. 

    Urdafalk adalah salah satu obat kimia yang digunakan untuk memecah dari batu empedu yang kecil yang berukuran kurang dari 20 mm ataupun kondisi peradangan karean adanya penumpukan dari lumpur. Dan beberapa kasus peradangan empedu dapat ditangani dengan cara konvesional dengan jenis obat ini. Tindakan ERCP atau Endoscopic Retrograde Cholangiopanreatography adalah salah satu pemeriksaan penunjang yang digunakan unutk menegakkan diagnosis namun juga digunaka sebagai terapi untuk pengangkatan batu empedu tanpa mengangkat kantung empedu itu sendiri. Perlu tidaknya dilakukan ERVP adalah tergantung dari dugaan jenis batu empedu dan berapa besar batu empedu yang terbentuk. 

    Memakan jenis makanan atau buah tertentu tidak dapat menyembuhkan batu empedu. Sebelum terbentuknya empedu sebaiknya memang menjaga pola makan yang sehat. Saat sudah terdiagnosis adanya lumpur atau batu empedu maka mengubah pola makan sehat dan terjaga terutama makanan rendah lemak dapat membantu untuk menjaga dan mengurangi rasa nyeri saja, bukan untuk menghilangkan batu empedu. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi