Tanya Dokter

  • Pengobatan bipolar tanpa obat?

  •  YumnAika
    Anggota
    Dokter, saya mau tanya adakah pengobatan bagi penderita bipolar selain menggunakan obatan? Dan apakah keluarga dan masyarakat di sekitar penderita dapat membantu dalam pengobatan bipolar? Jika memang bisa,lalu apa yang harus kami lakukan agar dapat membantu penderita biolar?

    Terima kasih telah bertanya di ALodokter.com

    Bipolar merupakan suatu kondisi dimana terjadi 2 episode perasaan yang berubah-ubah, yaitu episode depresi (merasa sedih, tak ada harapan, pesimis, dll) dan episode manik (energi berlebih, merasa senang berlebih, tidak dapat tidur, marah tiba-tiba, dll). Untuk penanganan kondisi ini harus atas pengawasan dan anjuran dokter spesialis kejiwaan atau psikiater. Tujuan pengobatan bipolar adalah untuk menurunkan frekuensi terjadinya episode mania atau depresi sehingga penderita dapat hidup secara normal dan membaur dengan orang-orang di sekitarnya. Adapun prosedur pengobatan yang dapat diberikan kepada penderita bipolar adalah :

    • Obat-obatan, terdapat obat untuk mencegah kambuhnya fase bipolar dan terdapat juga obat untuk meredakan gejala ketika sedang kambuh. Penggunaan obat harus atas anjuran dokter.
    • Terapi psikologis dibawah bimbingan dokter spesialis kejiwaan atau psikiater untuk menunjang efek obat-obatan yang telah diberikan
    • Penderita biasanya juga akan disarankan untuk memperbaiki pola hidup ke arah yang lebih sehat, misalnya berolahraga secara teratur, tidur cukup, dan mengonsumsi makanan sehat.

    Bagi penderita dengan gangguan kejiwaan, dukungan dan perhatian dari keluarga sangatlah penting. Maka dari itu, kerja sama yang baik antara penderita, dokter, dan juga keluarga akan memberikan hasil terapi yang lebih baik.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti