Tanya Dokter

  • Efektivitas Pengobatan Herbal

  • Dok tolong bantuanya bagai mana pendapat anda jika kita melakukan pengobatan herbal dalam mengatasi penyakit. kiwkiwherbal.com beberapa waktu lalu sempat saya menggunakan obat herbal dan hasilnya cukup memuaskan

    Halo Rikki Alan Munggara, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Obat herbal adalah pengobatan yang menggunakan bahan-bahan dari alam untuk mengobati suatu penyakit atau menghilangkan gejala dari penyakit tertentu. Tumbuhan, binatang, bahkan mikroorganisme memang dapat menghasilkan zat tertentu yang dapat berfungsi sebagai obat. Obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan modern juga banyak yang diambil dari bahan alam. Namun perlu diingat bahwa saat ini banyak sekali produsen obat herbal yang tidak baik, antara lain mencampur bahan alam dengan obat kimiawi atau bahan kimia tertentu yang berpotensi membahayakan kesehatan atau menggunakan bahan-bahan alam yang belum teruji manfaat dan keamanannya bagi kesehatan. Melihat hal tersebut, kita perlu berhati-hati dalam memilih obat herbal yang hendak dikonsumsi.

    Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda konsumsi obat-obatan herbal:

    1. Pastikan produk tersebut telah terdaftar di BPOM (Badan pengawas obat dan makanan)
    2. Periksa tanggal kadaluarsa produk, produk yang baik akan selalu mencantumkan tanggal kadaluarsa
    3. Hubungi produsen obat herbal bila ada hal yang anda ingin tanyakan mengenai produk mereka
    4. Konsultasikan kepada dokter anda sebelum konsumsi obat herbal terutama pada kondisi seperti kehamilan, menyusui, memiliki penyakit tertentu, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

     

    Hal lain yang penting diingat juga adalah bahwa pengobatan medis modern telah melalui rangkaian penelitian dan uji klinis yang panjang sebelum dapat beredar di masyarakat, sementara obat-obat herbal belum tentu mengalami proses penelitian dan uji klinis seperti ini. Cobalah untuk menimbang keuntungan dan kerugiannya sebelum konsumsi obat herbal tertentu.

     

    Berikut ini artikel yang dapat anda baca mengenai obat herbal

     

    Sekian dari saya, semoga dapat menjawab pertanyaan anda.

     

    dr. Irna Cecilia