Tanya Dokter

  • Pengobatan kista untuk jangka panjang

  •  Dasbun
    Anggota
    Assalamualaikum..2 tahun lalu saya menjalani operasi kista disebelah kiri. 3 bulan terakhir ini tumbuh lagi kista di kiri dan kanan dan setiap bulannya agak membesar. Dua bulan ini saya diberi obat visanne. Alhamdulillah kistanya tidak terlalu membesar. Pertanyaan saya apakah obat tersebut bisa digunakan untuk jangka panjang dan apakah jika kista terus membesar ada kemungkinan untuk dilakukan pengangkatan rahim ? Terima kasih atas perhatiannya. Wa salam

    Hai,

    Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih telah memberikan pertanyaan di Alodokter.com. Saya dr. Radhianie Djan akan mencoba membantu menjawab pertanyaan anda.

     

    Visanne merupakan obat hormonal yang salah satu efeknya dapat mengibati endometriosis. Pada dasarnya obat ini berguna menstabilkan hormon wanita dan berisi hormon dienogest.

     

     Kista dinyatakan memerlukan tindakan operasi sebagai pengobatannya adalah kista yang berukuran besar dan sudah menyebabkan gejala yang berat sehingga mengganggu Aktivitas sehari - hari penderitanya. Biasanya apabila Dokter melihat kista masih berukuran kecil, maka Dokter akan memberikan obat - obatan hormonal untuk menghambat pertumbuhan dan mengurangi gejala yang muncul. 

     

    Akan tetapi, kami menyarankan sebaiknya anda bertemu dengan tenaga medis terutama dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan agar dapat mengetahui lebih jelas penyebab dari keluhan yang Anda alami. Segera diskusikan masalah ini dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar penanganan yang terbaik dapat segera diberikan. 

     

      

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan anda.

     

    Salam,

     

    dr. Radhianie Djan, BMedSc