Tanya Dokter

  • Pengobatan lanjutan kanker tiroid pada anak

  •  Mohammad Toha
    Anggota

    mohon ijin konsultasi Dok....

    Anak perempuan saya 14 tahun terkena kanker tiroid jenis papiler varian fortikuler dan sudah dioperasi diangkat semua kanan kiri dan di sisakan sedikit menurut dokter onkologi sisa tsb utk kepentingan tubuh krn msh masa pertumbuhan.

    yang ingin saya tanyakan :

    1. apakah dengan minum obat rutin (euthyrox) pagi sebelum sarapan dapat mencegah perkembangan kanker tsb ?

    2. Berat badan anak berkurang 3 Kg pasca operasi yang sdh ada 2 bulan sampai saat ini, apakah ini sehat? anak tsb overweight dg BB pra operasi 70 sekarang 67 kg.

    3. untuk anak usia 14 tahun apakah ada pengobatan lanjutan selain operasi dan minum obat< jika ada, tindakan/pengobatan seperti apa?

    demikian, terimakasih atas perhatiannya dan jawabnnya.

    Halo Bapak Mohammad Toha, Kanker tiroid jenis papiler dan fortikuler memang merupakan jenis terbanyak dari keseluruhan kanker tiroid yang ada. Sekitar 60% penderita kanker tiroid merupakan kanker jenis papiler ini. Jawaban atas pertanyaan Anda: 1. Euthyrox merupakan obat yang mengandung levothyroxin dimana hormon ini dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berktifitas secara normal dan berperilaku mental normal. Karena sebagian besar tiroid telah diangkat, maka fungsinya untuk menghasilkan hormon hormon yang normal ada dalam tubuh tentu sudah berkurang banyak. Pemberian obat ini akan menggantikan fungsi tiroid yang telah diangkat tersebut. Bukan untuk mencegah perkembangan kanker. Umumnya diperlukan seumur hidup. Silahkan berkonsultasi dengan dokter anak Anda lebih lanjut untuk mengetahui informasi tentang obat ini. 2. Penurunan berat badan sebanyak 2kg paska operasi masih dalam batas normal. Perlu ditentukan berat badan ideal anak Anda, disesuaikan dengan tinggi, untuk mengetahui apakah penurunan berat badan tersebut sudah mencukupi, atau harus dilanjutkan dengan proses diet yang sehat. Silahkan berkonsultasi dengan ahli gizi untuk hal ini 3. Pengobatan kanker tiroid meliputi:

    • Tiroidektomi, sudah dilakukan dalam operasi anak Anda
    • Terapi pengganti hormon
    • Pengaturan kadar kalsium, hanya untuk beberapa kasus tertentu
    • Perawatan iodium radioaktif
    • Radioterapi
    • Kemoterapi
    Ketiga hal terakhir, yaitu: radioaktif, radioterapi dan kemoterapi dilakukan sesaui kebutuhan, melihat jenis dan stadium kanker yang dialami oleh penderita. Beberapa tips bagi Anda dan Anak Anda:
    • Lakukan test secara berkala
    • Lakukan pola hidup sehat, termasuk istirahat teratur, olahraga teratur, hindari stres
    • Makan hanya makanan sehat dan minuman sehat. Hindari makanan olahan, makanan mengandung banyak zat additif, perbanyak sayur dan buah segar
    Demikian, semoga dapat membanyu Anda.