Tanya Dokter

  • Solusi atasi pengobatan TB paru

  •  Indah Setya
    Anggota

    selamat malam dok, ibu saya penderita tb paru. pengobatan selama 6 bulan sudah dijalani tetapi gagal. dan beberapa hari kemarin ibu saya opname di rumah sakit. satu hari sebelum diperbolehkan pulang ibu saya di coba obat baru tetapi malah muntah muntah dan suntikan yg diberikan lewat selang infuse malah memberikan efek seperti ada air panas mengalir di tubuh. sekarang ibu saya malah dikasih obat seperti pada awal pengobatan tahap pertama. sekarang rasa panas di dalam dada juga masih sering dirasakan. sampai sekarang belum ada perubahan apapun. mohon saran dan bantuannya dok. terima kasih

    Halo Indah Setya, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Pengobatan untuk kasus TB paru gagal pengobatan adalah pemberian obat anti tuberkulosis (OAT) kategori II. Biasanya perlu dilakukan uji resistensi terlebih dahulu pada kasus gagal pengobatan. Sebelum hasil uji resistensi keluar dan bila kondisi memungkinkan, maka dapat diberikan pengobatan berupa :

    1. Tahap intensif 3-6 bulan dengan kanamisin, ofloksasin, etionamid, sikloserin 
    2. Dilanjutkan tahap lanjutan 15-18 bulan dengan ofloksasin, etionamid, sikloserin 

    Namun pada bila kondisi tidak memungkinkan, atau tidak terdapat uji resistensi,  dapat diberikan obat-obatan kategori I seperti Rifampicin (R), INH (isoniazid) (H), Pirazinamid (Z), Ethambutol (E), dan Streptomycin (S)

    Pemberian OAT kategori II dengan regimen kategori I dapat diberikan dengan cara:

    1. 2RHZES / 1RHZE / 5RHE, artinya diberikan tahap intensif selama 3 bulan, yang terdiri dari 2 bulan dengan RHZES yang diberikan setiap hari, dilanjutkan 1 bulan dengan RHZE setiap hari. Setelah selesai tahap  intensif, dilanjutkan dengan tahap lanjutan selama 5 bulan dengan HRE yang diberikan setiap hari. 
    2. 2RHZES / 1RHZE / 5R3H3E3, artinya diberikan tahap intensif selama 3 bulan, yang terdiri dari 2 bulan dengan RHZES yang diberikan setiap hari, dilanjutkan 1 bulan dengan RHZE setiap hari. Setelah selesai tahap  intensif, dilanjutkan dengan tahap lanjutan selama 5 bulan dengan HRE yang diberikan tiga kali dalam seminggu. 

     

    Kasus TB paru gagal pengobatan adalah kasus spesialistik dan harus ditangani oleh dokter spesialis paru. Oleh karena itu sebaiknya anda membawa ibu anda memeriksakan diri ke dokter spesialis paru atau meminta rujukan ke dokter spesialis paru.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia